April 2019, New Yogyakarta International Airport Diharapkan Mulai Beroperasi

FOKUSKINI – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan bandar udara New Yogyakarta International Airport (NYIA), Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta diagendakan beroperasi pada April 2019.

Untuk tahap awal, bandara ini akan melayani penerbangan internasional dari dan menuju Yogyakarta. Untuk penerbangan domestik nantinya akan mulai dilayani pada tahun 2020.

Menhub menerangkan, bandara New Yogyakarta mulai April 2019 telah disiapkan buat melayani tiga juta penumpang internasional, dan kedepannya bandar udara New Yogyakarta bakal terus dikembangkan untuk melayani hingga 24 juta penumpang.

“Jadi, kira-kira 2-3 juta penumpang internasional yang ada (di bandara Adisutjipto) akan pindah ke bandara New Yogyakarta,” ujar Menhub.

Dengan beroperasinya bandara internasional di Kulon Progo, Menhub menjelaskan nantinya Bandara Adisutjipto akan tetap melayani penerbangan domestik seperti Jakarta dan Surabaya.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (Persero) Faik Fahmi menjelaskan progres pembangunan bandara New Yogyakarta saat ini sudah 19%. Pihaknya berharap pada sisi udara yakni landasan pacu (runway), landasan hubung (taxiway) dan landasan parkir (apron) di bandara internasional ini dapat diselesaikan sesuai target waktu.

Dia mengatakan, pada bulan April 2019 pembangunan sisi udara harus selesai 100 persen. Pembangunan terminal nanti digunakan lebih dulu sekitar 8000 meter untuk penerbangan internasional, dan kemudian secara bertahap pembangunan terminal domestik diselesaikan hingga akhir 2019.

Lebih lanjut dikatakan Faik, alasan pihaknya mendahulukan pelayanan penerbangan internasional di NYIA adalah karena dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan bandara Adisutjipto, diharapkan NYIA dapat melayani penerbangan internasional dengan menggunakan pesawat-pesawat udara berbadan lebar sekelas Boeing 777.

“Kalau selama ini kan turis asing masuk ke Jogja susah, karena pesawatnya kecil. (Maka nanti) diharapkan penerbangan internasional dengan mengangkut turis menggunakan pesawat besar bisa langsung kesini. Jadi bisa datang dengan jumlah yang besar menggunakan pesawat besar, sehingga dampak terhadap turis ke Jogja akan cukup signifikan,” ungkapnya, berharap.

NYIA nantinya juga akan dilengkapi dengan fasilitas kereta bandara dari Stasiun Maguwo-Stasiun Tugu hingga Stasiun Wojo dengan perkiraan waktu tempuh hanya 30 menit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *