“Exit”: Konsekuensi Berat Saat Beralih Tinggalkan Organisasi Garis Keras

Fokuskini – Sabtu sore mulai jam 17.00 pada 5 Oktober nanti, gelaran German Cinema 2019 menayangkan film dokumenter karya sutradara Karen Winther bertajuk Exit. Perempuan usia 41 tahun ini melakukan pendekatan sangat personal dan penuh empati terhadap cara-cara manusia melegitimasi kebencian terhadap sesamanya.

Lebih penting lagi, film dokumenter ini juga memberi gambaran kepada para penontonnya mengenai berbagai macam konsekuensi berat yang harus dihadapi seorang anggota organisasi garis keras ketika mereka berusaha meninggalkan lingkungan itu.

Berkaca pada masa lalunya sendiri sebagai anggota organisasi sayap kanan pelaku kekerasan, Karen Winther mencari orang-orang yang telah meninggalkan kelompok-kelompok sejenis.

Ia mencoba menelusuri alasan-alasan seseorang untuk bergabung dengan kelompok Neo-Nazi, jihadis atau pengusung kebencian lainnya, dan apa yang pada akhirnya membuat mereka memutuskan untuk berpaling.

Winther mengkaji peristiwa-peristiwa kunci dalam perjalanan para mantan organisasi radikal itu, kapan, bagaimana dan mengapa mereka sampai di satu kesimpulan bahwa segala sesuatu yang semula mereka yakini sebagai kebenaran ternyata tidak sesuai dengan kenyataan.

Tonton “Exit” di Jakarta (Goethe Haus), Bandung (CGV Paris Van Java), Yogyakarta (CGV Jwalk Mall), Denpasar (Cinemaxx Plaza Renon), Surabaya (CGV Marvell City) dan Makassar (CGV Panakkukang Square).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *