Geliat Ragam Karya Film Iran Ramaikan Vancouver International Film Festival

Fokuskini – Karya sineas-sineas Iran memperoleh peluang untuk diikutkan berkompetisi lagi serta meramaikan berbagai kategori pilihan di festival film bergengsi dunia, termasuk nanti penayangannya di Vancouver International Film Festival yang berlangsung di Kanada pada 26 September mendatang hingga 12 Oktober 2019.

Sineas produktif Reza Mirkarimi membawa “Castle of Dreams” yang bermuat drama haru tentang dua anak belia yang kehilangan sosok ibunya yang wafat, dan ayah yang menyia-nyiakan mereka. Setelah bertahun-tahun lamanya si ayah pergi meninggalkan keluarga, dan ketika kemudian kembali pulang namun menolak buat mengurus kehidupan anak-anaknya.

Sineas independen Ali Jaberansari juga diikutsertakan dengan karya film “Tehran: City of Love” yang menampilkan tiga tokoh utama makhluk kesepian yang mencoba menjaring cinta di ibukota Iran dengan berbagai cara, sementara realita kemerdekaan individu masih sulit diterima oleh sebagian besar warga di sekitarnya.

Film pendek karya Yasin Farrokhi, “Freedom of Breath” serta Malihe Gholamzadeh dengan film animasi bisu berdurasi sekilas 7 menit, “Tangle” ikut mewakili geliat budaya perfilman Iran di Festival Film Vancouver.

Demikianpun karya film pendek produksi bareng Iran dan Denmark, “Song Sparrow” yang disutradarai sineas Farzaneh Omidvarnia.

TehranTimes memberitakan, VIFF 2019 juga mengagendakan pemutaran film dokumenter, “Coup 53” yang mengungkap upaya investigasi selama puluhan tahun tentang kelibatan lembaga intelijen Amerika Serikat terkait kudeta menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Mohammad Mosaddeq yang cuma sekira dua tahun saja berkuasa.

Disutradarai oleh Taqi Amirani, “Coup 53” diproduksi barengan antara Iran dan Inggris. (yay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *