Kaum Muda Diajak Baca Buku “Meyakini, Menghargai, dan Merayakan Keragaman”

FOKUSKINI – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meluncurkan buku Serial Literasi Agama untuk Remaja, khususnya bagi kaum milenial dalam tajuk “Meyakini, Menghargai, dan Merayakan Keragaman” berlangsung di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta hari Senin (28/1/2019).

Menteri Agama Lukman Hakim mengapresiasi kehadiran buku Serial Literasi Agama ini sebagai bagian dari upaya untuk terus menjaga keindonesiaan yang religius. Diharapkannya, bisa pula berkontribusi dalam menjaga dan membangun peradaban dunia.

Menteri Agama menilai, penerbitan buku ini dari sisi waktu sangat tepat. Sebab saat ini, lanjut Menag, kaum muda dan masyarakat Indonesia kekurangan bahan bacaan yang bisa menjelaskan tentang keragaman dalam kehidupan keagamaan, yang pada akhirnya melahirkan kesadaran bahwa keragaman adalah kehendak Tuhan.

“Semoga buku ini mengisi kekosongan yang ada pada kita,” harap Lukman Hakim lagi.

Buku ini, puji Menteri Agama dalam keterangannya, tidak hanya menjelaskan keragaman pada setiap agama, tapi juga menjelaskan kenapa Tuhan menciptakan keragaman. Karena ini yang melandasi agar orang menjadi lebih rendah hati dalam beragama.

Dijelaskan Menag, penerbitan buku ini momentumnya sangat pas dalam konteks moderasi beragama. Kementerian Agama juga dalam beberapa tahun terakhir terus mendorong gerakan Moderasi Beragama. Istilah ini yang terus disosialisasikan, agar pengamalan agama masyarakat Indonesia senantiasa berada pada jalur yang moderat.

“Agama itu sendiri tentu moderat, tidak berlebih-lebihan karena datang dari Tuhan. Tapi seperti tadi, pemahaman kita terhadap agama yang membawa kita pada pengamalan agama, boleh jadi kita terjerembab pada pengamalan yang berlebih-lebihan,” lanjut Lukman Hakim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *