Pahami Nilai-nilai Pancasila Juga Keharusan buat Jadi Miss Indonesia

Fokuskini – Tahapan audisi Miss Indonesia 2020 sudah dimulai dari kota Jakarta, kemudian pada hari Minggu nanti (29/9/2019) agenda audisi bersambung di kota Surabaya. Setelah itu Yogyakarta (13 Oktober 2019) dan Bandung (27 Oktober 2019), serta kembali digelar audisi di Jakarta pada 9-10 November 2019 berlokasi di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pertimbangan empat kota besar yang jadi wilayah sentral pelaksanaan audisi, menurut keterangan Manager Marketing Communication RCTI Wahyu Ramadhan, karena umumnya banyak perempuan Sarjana Strata 1 sebagai batasan kriteria peserta ataupun telah berjenjang akademis S2 dari berbagai daerah yang menetap dan beraktivitas kerja atau bermata pencaharian di empat kota tersebut, utamanya di DKI Jakarta.

Jakarta juga selalu menjadi kota audisi yang banyak menyalurkan peserta-peserta terbaik, dan berhasil lolos menuju 34 finalis Miss Indonesia tiap tahunnya, baik sebagai perwakilan dari DKI Jakarta ataupun jadi representatif provinsi lainnya.

“Miss Indonesia menjadi wadah bagi kami wanita-wanita Indonesia untuk lebih berkontribusi dalam setiap aspek kehidupan, terutama aspek sosial. Mengikuti ajang ini juga tentu memberikan dampak besar yang sangat positif bagi saya pribadi. Tidak menyangka awalnya bisa berdiri mewakili nama DKI Jakarta, dan nyatanya saya bisa, dan saya yakin wanita-wanita Indonesia lainnya pun bisa dan layak bisa berada disini selama ada kemauan” ujar Aurellia Jafien, Miss Indonesia 2019 yang mewakili DKI Jakarta.

Tetapi jangan merasa terabaikan karena masih ada peluang lain melalui audisi Spesial City di lima wilayah yaitu Bali di hari Jumat (27/9/2019), Makassar pada Senin (30/9/2019), lalu Semarang (11 Oktober 2019) dan Medan (19 Oktober 2019).

Daftarkan diri Anda melalui sosial media Instagram, atau rekomendasikan teman dekat Anda untuk menjadi Miss Indonesia 2020. Cukup dengan mengunggah foto diri atau teman yang direkomendasikan, kemudian tambahkan caption di kolom komentar dengan format Nama Lengkap (spasi) Umur (spasi) Tinggi (spasi) Berat Badan (spasi) Kota Domisili (spasi) Daerah Asal, dengan menggunakan hashtag #AudisiMissIndonesia2020, dan selanjutnya mention ke akun @MissIndonesia.

Setelah itu, silakan unggah video singkat tentang diri atau teman yang direkomendasikan ke www.metube.id. Formulir pendaftaran audisi Miss Indonesia 2020 juga dapat diunduh melalui jaringan situs resmi www.missindonesia.co.id dan www.rcti.tv.

Mengomentari sesi audisi awal di Jakarta, Wahyu Ramadhan memuji antusiasme para peserta audisi yang meninggi jumlahnya dengan banyak peningkatan kualitas public speaking dan latar pendidikan. “Ada lulusan Boston University, lulusan Jepang, yang menunjukkan wanita Indonesia semakin tinggi pendidikannya, dan artinya semakin baik untuk menjadi duta bangsa nantinya di ajang Miss World,” sambungnya,

Kriteria penilaian tidak ada yang berubah, tetapi dengan lebih melihat dan mengedepankan konsep karakter beauty with a purpose. “Kecantikan yang membawa manfaat bagi lingkungannya. Lebih kesitu arahnya sesuai dengan konsep besar yang ada di ajang Miss World,” jelas Wahyu Ramadhan.

“Tantangan buat kita adalah bagaimana memoles setiap peserta yang datang hadir ke audisi, untuk nantinya lebih baik hasilnya di saat karantina dan malam puncak dengan wawasan keindonesiaannya. Bagusnya lagi ya memaham paling tidak yang paling basic seperti Pancasila karena bagaimanapun ini Miss Indonesia,” tambah Kang Yuyu, sapaan akrab pria paruh baya ini.

Ditambahkannya pula bahwa kontestan harus mampu mewakili pengetahuan budaya daerah asalnya, termasuk menguasai seluk beluk keunggulan pariwisata sebenar-benarnya mewakili provinsinya. “Cantiknya yang enak dilihat, enak didengar suaranya dengan kecerdasan yang tampak, plus punya wawasan luas termasuk kesenian nasional, kewanitaan sebagai orang Indonesia, dan selalu mengaktualisasi isu fakta lingkungan di sekitarnya,” harap Wahyu. (jos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *