Persija Hadapi Masalah Besar di Play-Off Liga Champions Asia

FOKUSKINI – Persija Jakarta menghadapi masalah besar karena keikutsertaan mereka di babak kualifikasi Liga Champions Asia nanti tanpa diperkuat tiga pemain asing yang pada musim ini melengkapi skuad jawara Liga 1 Indonesia tersebut.

Konfederasi sepak bola Asia, AFC ternyata tidak menyetujui permohonan dispensasi International Transfer Cerificate (ITC) untuk pemain Persija yang diajukan PSSI. Dengan demikian, Persija tidak bisa memainkan Vinicius Lopez Laurindo, Bruno Matos serta Jakhongir Abdumuminof, dan juga Ryuji Utomo di persaingan bergengsi Liga Champions Asia.

Sesuai regulasi FIFA, setiap klub bisa mendaftarkan pemain jika pemain bersangkutan sudah mendapatkan ITC. Proses ITC berlangsung pada periode jendela transfer pemain. Untuk kompetisi Liga 1 Indonesia, jendela transfer baru dapat dibuka pada 15 Februari sampai 9 Mei 2019.

Kebijakan penentuan batasan tenggat jendela transfer pemain saling berkaitan dengan jadwal kompetisi. Untuk tahun 2019, PSSI mempertimbangkan bahwa kompetisi Liga 1 dimulai pada awal Mei, setelah hajatan besar pemilihan umum presiden selesai.

“Kami menghormati agenda nasional Pemilihan Presiden 2019. Karena itu, Liga 1 baru bisa kita putar dua mingggu setelahnya, yakni antara 1-8 Mei 2019. Dengan demikian, periode jendela transfer pemain yang hanya diperbolehkan berdurasi 84 hari harus disesuaikan dengan waktu kick-off, agar 18 Klub Liga 1 dapat mempersiapkan pemain dengan baik,” ungkap Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dalam keterangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *