Ridwan Kamil Mendesain Batik Sendiri

FOKUSKINI – Batik Garuda Kujang Kencana dan Batik Ironman yang popular di tengah masyarakat dengan sebutan Batik Telor Ceplok karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipamerkan di stan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat terkait Pameran Legenda Batik Nusantara, di Graha Manggala Siliwangi Bandung hingga hari Minggu nanti (3/2/2019).

Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya Kamil dalam keterangannya mengatakan, Batik Telor Ceplok ini tidak dijual di sembarangan tempat dan hanya bisa didapatkan melalui Dekranasda Jabar. Atalia bercerita, sang suami memang hobi mendesain apapun, termasuk batik.

Awalnya, kata Atalia, Kang Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil – mendesain batik tersebut untuk digunakan sendiri melalui Batik Komar dan Batik Trusmi, namun ternyata animo masyarakat cukup tinggi.

Kang Emil itu adalah seorang designer, beliau adalah arsitek tetapi senang sekali untuk mendesain apapun, termasuk mendesain batik sendiri. Jadi beberapa waktu lalu bekerjasama dengan Batik Komar, Batik Trusmi dan lain-lain, Kang Emil mendesain hanya dipakai untuk diri sendiri, tapi animo masyarakat luar biasa, bahkan yang palsunya pun sudah ada dimana-mana,” tutur Atalia.

Pameran Legenda Batik Nusantara ini menghadirkan lebih dari 80 stan batik, kerajinan hingga kuliner. Tidak hanya dari Jawa Barat, pameran ini juga melibatkan produk-produk pilihan dari seluruh Indonesia seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Palembang, Nusa Tenggara Timur dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *