Shin Tae-yong: Apa yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia, Salah Satunya Fisik

Fokuskini – PSSI, sore tadi (28/12/2019), resmi memperkenalkan pelatih baru tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong bertempat di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Warga negara Korea Selatan ini merupakan pelatih yang pernah membawa catatan gengsi timnas negaranya di Piala Dunia 2018, karena di saat itu sanggup mengalahkan raksasa sepak bola dunia Jerman 2-0.

Tantangan terdekat untuk Shin, yakni menjalani sisa laga kualifikasi Piala Dunia 2022. “Kita harapkan Timnas bisa bisa meraih hasil positif melawan Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam. Setelah itu, ia juga harus mempersiapkan timnas Indonesia untuk Piala Suzuki AFF di semester kedua tahun ini,” jelas Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan lewat keterangannya.

Selain itu, Shin juga akan memyeleksi staf kepelatihannya karena dalam proyek jangka panjang ini, Shin diminta juga untuk membantu mempersiapkan timnas Indonesia U16 dan U19 yang akan tampil di putaran final Piala Asia 2020.

“Target objektifnya adalah mempersiapkan timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U20 pada tahun 2021, dimana Indonesia menjadi tuan rumah,” tegas Mochamad Iriawan.

“Saya sudah mengamati permainan timnas Indonesia. Memang masih perlu perbaikan, namun harapan untuk menjadi lebih baik tentu ada. Saya akan mengumpulkan 60 pemain timnas Indonesia (senior) dan U-20 pada 13 Januari 2020 untuk melihat kemampuan masing-masing pemain,” janji Shin.

Shin kemudian memberikan gambaran apa yang perlu diperbaiki di timnas Indonesia. Salah satunya mengenai fisik.

“Kalau kita memberikan pendidikan dari level U-16, U-19, U-22, itu akan membentuk dasar yang kuat agar tim tersebut tidak runtuh dengan mudah. Kemampuan masing-masing pemain Indonesia cukup bagus. Masalahnya pemain Indonesia setelah babak kedua menit ke-65 keatas ada masalah di fisik. Kami akan cari solusi, fisik harus kuat dan mental juga tentu,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *