“Toyota Camry 2019”, Bertransformasi TNGA dengan Kultur Gaya Serbapraktis

FOKUSKINI – Respek yang dikelola oleh Toyota kini melalui konsep penanganan inovasi kendaraan roda empat terbarunya yang disingkat bermakna sebagai TNGA, atau Toyota New Global Architecture, pastinya bermuara pada hasrat individu setiap pengendara dan penumpang dari mulai mereka masuk ke dalam kabin interior, utamanya lagi sebagai Anda pengemudi yang punya tanggung jawab keselamatan sejak keluar garasi rumah kediaman sendiri, lingkungan perkantoran ataupun dari mulai Anda menjemput penumpang siapapun dia.

Sedan terbaru Toyota Camry keluaran tahun ini, bertransformasi samasekali beda dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Anda bisa lihat misalnya pada daya tarik keindahan tipe cockpit dashboard yang dirancang dalam nuansa semakin stylish, namun dengan tetap mengedepankan kultur gaya serbapraktisnya yang kekinian serta berkombinasi keluasan nan sporty. Camry 2019 hadir di Indonesia dalam tiga line-up yaitu Hybrid, V dan G.

Begitulah, rancangan dashboard yang berefek ramping tidak hanya memberikan visibilitas yang lebih luas, karena artinya juga membuat semua instrumen feature di ruang kabin kemudi dapat dijangkau dengan lebih mudah.

Ruang kabin hadir dengan tingkatan kelas kendaraan mewah. Pendekatan konsep rancangan desain kabinnya diarahkan untuk memuaskan ekspektasi pelanggan terhadap mobil kelas atas.

Tambahan lagi, kontribusi pembaruan TNGA jelas-jelas membawa bukti nyata dalam peningkatan luar biasanya smart technology, fashion, karya seni berkualitas yang tangguh sebagai strong body protects bagi kita semua.

Camry 2019 masuk dalam hitungan generasi kedelapan di pasar internasional, dari mulai generasi pertamanya yang diluncurkan pada 1982, dengan angka penjualan sudah mencapai lebih dari 18 juta di 100 negara. Camry masuk ke Indonesia pada 1999, dan berhasil menjadi market leader di kelasnya sampai saat ini. Pada 2012, Toyota Astra Motor juga telah mendatangkan Camry Hybrid dan juga tercatat sebagai mobil hybrid terlaris di pasar otomotif nasional.

Menggunakan platform TNGA membuat penampilan sedan Camry 2019 tampak lebih kokoh dan stabil. Mobil ini merupakan platform TNGA kedua yang dipasarkan Toyota di Indonesia setelah C-HR. Sejauh ini, TNGA telah memenuhi janji optimalitas keseimbangan dalam kelincahan (agility), stabilitas (stability), dan visibilitas (visibility).

Camry terbaru ini hadir dalam dimensi panjang 4.885 mm atau lebih panjang 35 mm dibandingkan pendahulunya, lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dibandingkan model sebelummya. Sementara itu, tinggi 1.445 mm atau lebih rendah dibandingkan yang terdahulu 1.470 mm, dan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm atau artinya lebih panjang 50 mm dari produksi sebelumnya.

Eksterior dan interiornya dirancang sebagai Aggressive Smart Confidence, berikut desain Aggressive Luxurious yang didukung oleh front lamp dan rear lamp berteknologi LED guna membangun karakter Camry yang tambah perkasa.

Dukungan platform TNGA mengedepankan visibility, stability dan quite cabin. Menjadikan kendaraan roda empat ini semakin nyaman dikendarai dan ditumpangi, apalagi kini suspensi bagian belakangnya menggunakan teknologi double wishbone.

Camry 2019 menyajikan berbagai fitur berteknologi terkini seperti moon roof pada varian V dan Hybrid. Teknologi audio pada varian V dan G menggunakan layar touchscreen AVX 9 inch dengan dilengkapi DVD/Radio/USB/AUX/HDMI/Bluetooth/Miracast/Internet dan six speakers. Dua varian sedan Camry ini juga dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan layar 4,2 inch yang menampilkan driving information, eco indicator, vehicle features, security system, dan tekanan angin pada ban (tire pressure).

Sistem pendingin untuk varian G dan V menggunakan sistem dual zone dengan kontrol terpisah untuk bagian depan (pengemudi) dan penumpang di bagian belakang. Pastinya juga dilengkapi wireless charger untuk varian V dan Hybrid.

Layaknya kendaraan otomotif roda empat kelas atas, Camry 2019 memberikan fitur keselamatan (safety) yang lengkap kepada penggunanya antara lain Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function, disamping 7 airbags, ABS, EBD, BA, VSC dan HSA.

Sebagai penggerak, Camry terbaru varian G dan V menggunakan mesin 2AR-FE dengan 4 silinder dan kapasitas 2.494 cc, melalui output maksimum 183 ps/6.000 rpm dan torsi 23.9 kgm/4.100 rpm. Sedangkan untuk varian Hybrid menggunakan engine A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc dengan power maksimum 178 ps pada 5.700 rpm dan torsi maksimum 22.5 kgm pada 3.600-5.200 rpm. Untuk motor listriknya, varian Hybrid menggunakan electric motor dengan power 20.6 kgm.

Untuk sedan Camry varian Hybrid, sebagai kendaraan bertenaga listrik berbasis teknologi hybrid di Indonesia, kendaraan penumpang ini tampil lebih maju performanya dibandingkan pendahulu. Selain kini dilengkapi moon roof, engine A25A-FXS yang disandang varian hybrid tergolong sebagai salah satu mesin dengan penggunaan bahan bakar terefisien di dunia.

Pemilik sedan Camry Hybrid dimanjakan perlengkapan advance audio system yang menggunakan AVN 8 inch touchscreen yang dilengkapi DVD/Radio/USB/AUX/Bluetooth/Miracast dan 9 speaker JBL Nano-E Air purifier yang menjamin kualitas kenyamanan.

Varian ini juga dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan layar 7 inch dan Head Up Display (HUD) yang keduanya menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan pengemudi.

Sistem pendingin menggunakan triple zone AC yang dilengkapi touchscreen control untuk kursi belakang. Pengendalian sistem pendingin bisa dilakukan secara terpisah sehingga baik pengemudi, penumpang bagian depan maupun belakang dapat mengatur suhu sesuai dengan keinginannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *