Montreux Jazz Festival Kini Digelar di Tepi Danau

Galeri Seni Muziek! Podium

Fokuskini – Festival atraksi musik ikonik di Swiss ini kembali diadakan untuk kali ke-58 di tahun 2024.

Ya, Montreux Jazz Festival beragenda kembali digelar di tepi Danau Jenewa pada 5-20 Juli musim panas ini, dengan penampilan termasuk Sting, Massive Attack, Deep Purple, Duran Duran, Laufey, The Smashing Pumpkins, Paolo Nutini, Alice Cooper dan masih banyak lagi melalui berbagai panggung pertunjukan di pusat kota Swiss.

Digagas sejak tahun 1967 oleh Claude Nobs, Montreux Jazz Festival telah menjadi agenda pertunjukan yang penting selama bertahun-tahun dan kaya sejarah musik.

Untuk pertama kalinya dalam 30 tahun, penyelenggara kali ini sepakat meninggalkan pusat konvensi yang biasanya menjadi tempat pertunjukan, dan menggantinya dengan desain panggung di tepi danau.

Juga akan ada kembalinya arena Casino de Montreux, tempat lahirnya festival tersebut, yang pernah menjadi pusat perhatian selama pertunjukan konser Frank Zappa pada tahun 1971 – yang menjadi inspirasi untuk lagu abadi Deep Purple, ‘Smoke On The Water.’

Di samping dua panggung yang diutamakan, juga terdapat program gratis yang terdiri dari sebelas panggung bebas biaya, termasuk ibis MUSIC Terrace dengan konser elektro-pop dan pentas DJ; Ipanema, rumah tepi laut dan klub malam techno El Mundo, pusat musik Latin; Super Bock Stage, panggung terbuka dengan susunan pemain eklektik; dan Nestlé Terrace, panggung baru yang didedikasikan untuk seniman jazz Swiss.

Penyelenggara juga menghadirkan kembali Lake House. Menempati tiga lantai di Petit Palais, tempat tersebut berisi The Memphis, sebuah klub jazz yang didedikasikan untuk tren dalam genre dan sesi jam legendaris; La Coupole, klub malam funk, house, disko, dan perkotaan; Le Cinéma, ruang pemutaran film, konser dan dokumenter dan La Bibliothèque, yang menyatukan koleksi buku dan vinil, dipersembahkan setiap hari oleh kalangan tamu istimewa.

Kini memasuki tahun ke-58, menurut catatan Hot Press, beberapa artis musik paling terkenal di dunia telah tampil di Montreux sejak awal berdirinya. Dari legenda seperti Aretha Franklin, Marvin Gaye, dan David Bowie (dan masih banyak lagi), hingga tokoh-tokoh kontemporer seperti Radiohead, Lady Gaga, dan Kendrick Lamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + one =