18 Wasit Utama Resmi Pimpin Laga Tertunda “UEFA EURO 2020”

Fokuskini – Komite Wasit dari Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) telah menunjuk 18 wasit utama dan tim asisten wasit yang akan memimpin 51 pertandingan kejuaraan sepakbola Eropa, UEFA EURO 2020 (12 Juni-12 Juli 2021; disiarkan langsung di RCTI, MNC Vision, K-Vision, MNC Play, serta platform digital streaming RCTI+ dan Vision+)

Daftar lengkap wasit utama yang telah dipilih:

Felix Brych (Jerman)
Cüneyt Çakır (Turki)
Carlos Del Cerro Grande (Spanyol)
Andreas Ekberg (Swedia)
Orel Grinfeeld (Israel)
Ovidiu Alin Hategan (Rumania)
Sergei Karasev (Rusia)
Istvan Kovacs (Rumania)
Bjorn Kuipers (Belanda)
Danny Makkelie (Belanda)
Antonio Miguel Mateu Lahoz (Spanyol)
Michael Oliver (Inggris)
Daniele Orsato (Italia)
Artur Manuel Ribeiro Soares Dias (Portugal)
Daniel Siebert (Jerman)
Anthony Taylor (Inggris)
Clément Turpin (Prancis)
Slavko Vinčić (Slovenia)

Selain itu, sebagai bagian dari program pertukaran dalam kerangka kesepakatan kerjasama antara UEFA dan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan CONMEBOL, untuk pertama kalinya satu wasit asal Amerika Selatan akan bergabung dengan kelompok wasit Eropa, dan seorang wakil wasit Eropa akan melakukan perjalanan ke Amerika Selatan.

Wasit asal Argentina, Fernando Rapallini dan asistennya akan bergabung dengan wasit Eropa terpilih untuk EURO 2020, sementara tim wasit Spanyol yang dipimpin oleh Jesús Gil Manzano akan menjadi bagian dari juru pengadil di arena CONMEBOL, yaitu Copa América 2021 di Argentina dan Kolombia.

“Pertukaran wasit dengan CONMEBOL untuk dua turnamen unggulan kami akan memperkaya kedua kompetisi, dan akan meningkatkan pengalaman wasit papan atas,” kata Presiden UEFA Aleksander Čeferin. “Eropa dan Amerika Selatan memiliki begitu banyak kualitas dan tradisi sepakbola, termasuk dalam hal menjadi wasit. Pertukaran ini adalah bagian penting dari program kerjasama kami, yang akan membantu kami meningkatkan kompetisi.”

“Di antara tujuan permanen kami di CONMEBOL adalah membuat wasit kami lebih profesional dan terlatih sempurna untuk penggunaan alat teknologi,” tambah Presiden CONMEBOL Alejandro Domínguez. “Kami yakin bahwa kerjasama dengan UEFA ini akan sangat menguntungkan kedua konfederasi. Ini adalah hanya permulaan. Kami akan terus bekerja untuk memperluas dan memperkuat perjanjian kolaborasi dengan teman-teman kami di UEFA.”

Juga untuk pertama kalinya, wasit perempuan dipilih untuk laga EURO kali ini . Stéphanie Frappart (Prancis), yang telah memimpin di beberapa pertandingan di kompetisi klub dan tim nasional UEFA musim ini, telah dipilih sebagai official pertandingan (sebagai wasit ke-4, dan asisten wasit cadangan)

Setiap tim wasit akan terdiri dari satu wasit utama, dua asisten wasit, seorang wasit keempat, seorang asisten wasit cadangan, dan format tim yang terdiri dari empat wasit video pertandingan (VAR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *