Alireza Firouzja Resmikan Pilihannya Jadi Pecatur Prancis

Fokuskini – Pecatur rangking ke-12 dunia, Alireza Firouzja kini resmi menjadi pemain warga negara Prancis. Pecatur ajaib kelahiran Iran berusia 18 tahun itu telah lebih dulu bertempat tinggal di Chartres, Prancis sejak 2019, dan baru-baru ini telah memperoleh kewarganegaraan Prancis.

Artinya, Firouzja mendapatkan agenda pertandingan di Piala Dunia FIDE melawan Andrew Tang atau Javokhir Sindarov hari Kamis mendatang (15/7/2021) sebagai pecatur Prancis nomor 1.

Keputusan pilihan Alireza Firouzja untuk pindah ke Prancis datang tidak lama setelah pecatur remaja potensial itu tidak punya banyak pilihan ketimbang harus kehilangan peluang bertanding melawan pemain Israel di turnamen GRENKE Chess Open (2019). Firouzja kemudian bermain di bawah bendera FIDE, di World Rapid Championship 2019, di mana ia meraih medali perak.

Menurut catatan Chess24, dengan kemerosotan rating poin Maxime Vachier-Lagrave baru-baru ini, itu berarti Alireza sekarang menjadi pemain Prancis nomor 1 (2759), dengan keunggulan 10 poin pada daftar peringkat FIDE.

Agenda pertama Grand Master ini mewakili Prancis adalah Piala Dunia FIDE 2021, yang ia ikuti sebagai unggulan ke-8, dimulai dari putaran ke-2, di mana ia akan menghadapi pemenang pertandingan antara Javokhir Sindarov dari Uzbekistan versus Andrew Tang (Amerika Serikat). Dari sana, Alireza diunggulkan untuk menghadapi Jorge Cori, Jorden van Forestt dan Leinier Dominguez sebelum perempat final potensial melawan pecatur nomor 1 dunia, Magnus Carlsen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *