Alireza Firouzja Terus Naik Ke Level Pecatur Tertinggi Dunia

Fokuskini – Alireza Firouzja (18), pecatur remaja bergelar Grand Master (GM) asal Iran yang telah jadi warga negara Prancis kini telah menyalip nilai rating GM Fabiano Caruana (Amerika Serikat) untuk masuk persaingan jadi nomor satu dunia.

Alireza langsung menempati urutan 3 pada daftar peringkat dunia setelah memenangkan permainan brilian di Putaran 4 dan 5 turnamen European Team Championship, dan meraih kenaikan ke poin rating 2793.

Tapi sayangnya, Prancis menderita dua kali kekalahan pahit. Di bagian wanita, Rusia melaju dengan sempurna setelah mengalahkan rival terbesar mereka Georgia.

Mendominasi di turnamen European Team Championship, Alireza Firouzja melanjutkan gemilang yang ia peroleh di turnamen Grand Swiss dengan menembus 2600+ melawan sejumlah pesaing yang kuat, terlepas dari apakah ia bergiliran main bidak putih atau hitam.

Chess24 menyebut sejauh ini belum pernah melihat kenaikan secepat itu ke puncak sejak Magnus Carlsen melewati 2800 saat berusia 18 tahun, dengan catatan Carlsen sang juara dunia dan Vladimir Kramnik yang secara resmi menjadi peringkat dunia teratas pada usia 19.

Alireza, yang kemajuannya mungkin telah diperlambat oleh situasi pandemi, terbilang pemuda yang ambisius, dan ia mencetak kemenangan fantastis lainnya di babak 5 European Team Championship

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *