Bola Basket Putra AS: Steve Kerr Pimpin Tugas Kepelatihan

Fokuskini – Susunan staf pelatih untuk tim nasional bola basket putra Amerika Serikat (2022-24) secara resmi telah diumumkan. Direktur pelaksana timnas bola basket AS, Grant Hill sepakat menunjuk pelatih kepala delapan kali klub NBA Golden State Warriors, Steve Kerr dalam tanggungjawabnya membawa AS di semua kompetisi internasional.

Selain itu, pelatih kepala Universitas Gonzaga Mark Few, pelatih kepala Miami Heat Erik Spoelstra dan pelatih kepala Phoenix Suns Monty Williams terpilih buat melengkapi staf kepelatihan sebagai asisten pelatih.

Sebagai pelatih kepala, Kerr akan memimpin timnas bola basket putra AS pada 2022-24, mencakup jika nantinya AS lolos ke Piala Dunia FIBA ​​​​2023 yang dijadwalkan berlangsung di Filipina, Jepang dan Indonesia (25 Agustus-10 September 2023), dan Olimpiade Musim Panas 2024 yang beragenda kegiatan pada 26 Juli-11 Agustus di Paris, Prancis.

“Saya merasa sangat terhormat dan rendah hati untuk mewakili negara kami sebagai pelatih kepala untuk timnas bola basket (putra),” sambut Kerr. “Ini adalah kesempatan yang dramatis, dan saya senang dengan tantangannya.”

“Jelas, ada banyak orang yang perlu saya haturkan rasa terima kasih terutama Grant Hill, Jim Tooley dan Sean Ford, dan tentu saja Gregg Popovich dan Jerry Colangelo, yang memberi saya kesempatan untuk menjadi asisten pelatih paling sering.”

“Saya juga sangat bersemangat untuk bekerja dengan tiga pelatih yang sangat saya hormati dalam diri Erik Spoelstra, Monty Williams, dan Mark Few. Melatih timnas AS datang dengan tanggung jawab besar — ​​tanggung jawab yang membutuhkan upaya kelompok dengan tim pelatih yang berkomitmen pada tim, pada tujuan, dan satu sama lainnya — dan saya tidak pantas meminta kelompok individu berkarakter tinggi yang lebih baik untuk membantu saya memimpin timnas kami. Tujuan kami, tentu saja, adalah untuk menang dan membuat negara kami bangga. Kami akan bekerja keras untuk melakukannya.”

Timnas putra AS telah memenangkan empat medali emas bola basket Olimpiade berturut-turut (2008, 2012, 2016 dan 2020) dan telah mengklaim kejuaraan Piala Dunia FIBA ​​di dua dari tiga kompetisi terakhir (2010, 2014).

Saat gemilangnya kepimpinan coach Popovich, Kerr adalah bagian dari staf pelatih peraih medali emas untuk Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo, Jepang, dan juga ketika timnas putra AS berlaga di Piala Dunia FIBA ​​(2019) di Tiongkok.

Dengan turut membantu AS mengklaim emas di Olimpiade Tokyo yang terselenggara tahun ini, Kerr menjadi pelatih timnas bola basket AS pertama yang juga mendapatkan medali emas sebagai pemain dalam kompetisi tingkat senior FIBA, setelah memenangkan emas di Piala Dunia 1986.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *