Catur Saingi Siaran Olahraga Premium: Eurosport Sepakat Siarkan “Champions Chess Tour”

Fokuskini – Saat masyarakat penonton di seluruh dunia kini terhipnotis untuk ikut menyaksikan program tontonan drama Netflix, The Queen’s Gambit, ternyata kiprah situs portal catur, chess24 turut mengungkapkan kegembiraan ihwal lebih banyak lagi laga permainan catur yang akan muncul di layar pemirsa.

Ya, Play Magnus Group telah mengumumkan kesepakatan baru dengan jaringan televisi olahraga Eurosport untuk menyiarkan turnamen Champions Chess Tour mendatang. Siaran langsung pertandingan catur virtual para grand master level atas sebentar lagi akan tersedia jadi tontonan sesuai banyaknya permintaan di seluruh Eropa dan Asia.

Sebagai momentum penting untuk reputasi permainan adu taktik akal-akalan ini. Pertandingan catur akan disiarkan langsung setara dengan kompetisi tenis, sepak bola, dan program olahraga premium lainnya.

Kesepakatan tersebut mengikuti pertumbuhan luar biasa dari liputan catur online tahun ini yang telah membuat jutaan orang menonton di laman situs chess24 dan platform lain untuk ramai-ramai menonton super grand master seperti Magnus Carlsen dan Hikaru Nakamura.

Ini menambah catatan menariknya drama seri Netflix, The Queen’s Gambit, yang berpusat di sekitar keajaiban catur fiksi, yang sanggup menarik antusias penonton di seluruh dunia dan mencapai puncak nomor 1 di 30 negara.

Play Magnus Group telah lebih dulu mengumumkan 15 Oktober lalu bahwa NRK dan TV 2 telah bersama-sama membeli hak siar untuk turnamen Champions Chess Tour di wilayah negara Norwegia.

Kesepakatan Eurosport sekarang secara besar-besaran memperluas jangkauan itu. Champions Chess Tour adalah penerus dari kompetisi Magnus Carlsen Chess Tour yang sangat populer yang diadakan awal tahun ini.

Kini dengan nama baru, Champions Chess Tour semakin diperlengkapi rekor hadiah USD1,5 juta, dan akan menampilkan sederet grand master catur terkuat di dunia termasuk Carlsen, Sang Juara Dunia.

Kesepakatan ini mencakup Eurosport menayangkan liputan langsung dan terlokalisasi dari babak knock-out Champions Chess Tour yang diputar dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, dan Spanyol melalui platform digital termasuk Aplikasi Eurosport (Eropa), Dplay (Finlandia) dan Discovery Plus (India).

Leg pertama adalah babak Skilling Open, yang dimulai pada 22 November nanti. Dua dari nama teratas yang ambil bagian telah diumumkan yaitu dari mulai pecatur nomor 1 Tiongkok, Ding Liren dan pecatur nomor wahid Armenia, Levon Aronian.

CEO Play Magnus, Andreas Thome mengungkapkan:

“Kami senang dan bangga atas kolaborasi penting ini. Bermitra dengan jaringan televisi olahraga terkemuka seperti Eurosport, kami dapat menghadirkan hiburan catur kepada audiens baru dan meningkatkan jangkauan kami secara global. Alih-alih menjajaki penjualan tradisional hak, kami telah memutuskan untuk fokus bekerjasama dengan Eurosport untuk mengembangkan olahraga catur. Pada tahap ini, mengamankan distribusi yang luas sangat penting untuk menarik mitra komersial untuk Champions Chess Tour dan membangun nilai hak siar catur dari waktu ke waktu.

Dimainkan di platform chess24, para grandmaster top akan terlihat berkompetisi langsung di depan kamera yang dipasang di ruangan rumah tinggal mereka, sementara komentar dan analisis dari studio menawarkan wawasan kepada pemirsa.

Musim laga berlangsung penuh terdiri dari 10 turnamen catur elitis yang berlangsung dari November 2020 hingga September 2021, dengan pemenangnya akan dinobatkan sebagai pemain catur online terbaik di dunia.

Trojan Paillot, VP Rights Acquisitions and Distribution di Eurosport, mengatakan:

“Catur memiliki potensi besar untuk menarik penonton global yang berdedikasi, dan Eurosport memiliki rekam jejak yang terbukti dalam kemampuannya untuk meningkatkan kesadaran akan olahraga dan membangun platform yang kokoh bagi pemegang hak untuk menumbuhkan basis penggemar dan daya tarik mereka terhadap wilayah baru. Play Magnus Group dikenal karena berinovasi dan memodernisasi gim catur yang dimainkan oleh lebih dari 650 juta orang di seluruh dunia. Eurosport akan memfasilitasi dan mempercepat pengembangan gim catur berkat pendekatan linier dan digital gabungan, membawa [ermainan catur ke sebanyak mungkin orang melalui operasi penyiaran dan distribusi langsung kami.”

Emmanuel Mendibure, Kepala Federasi & Kemitraan di Discovery dan Eurosport, menyatakan:

“Kami percaya, dengan menggabungkan kekuatan dan menciptakan lebih banyak aset untuk Play Magnus Group, kami akan secara aktif berkontribusi untuk meningkatkan profil komersial olahraga tersebut. Mengetahui Champions Chess Tour adalah turnamen online, kemitraan kami selaras dengan kapasitas kami untuk menggunakan semua aset yang kami miliki untuk mempercepat pertumbuhan penyelenggara acara dan kemampuan kami untuk memperbesarnya lebih jauh dengan mengubahnya menjadi acara olahraga yang menghibur dan menarik.”

Lima belas juta orang menyaksikan musim pertama turnamen ini yang dimenangkan oleh Carlsen dalam pertandingan final yang menegangkan melawan Nakamura pada Agustus lalu. 

Berganti nama baru jadi Champions Chess Tour diharapkan dapat menarik lebih banyak penonton karena catur telah menjadi salah satu game online dan hiburan virtual paling populer selama pandemi Covid-19.

Masyarakat pemirsa juga dapat berpartisipasi dalam aktivitas interaktif dengan para bintang catur terkemuka selama musim ini menggunakan tiket tur yang tersedia di championschesstour.com (yay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *