Di Usia 82, Bassis Jazz Legendaris Ron Carter Kembali Manggung di Jepang

Fokuskini – Bassis jazz kawakan, Ron Carter meski sudah berusia 82 tahun, mengaku belum punya rencana pensiun dari kerja musik. Figur pemusik jazz produktif ini, hanya hendak berhenti melakukan tur internasional saja di masa tuanya. Benarkah?

Sekarang ini ya ternyata bagi Ron Carter belum saatnya berhenti apalagi pensiun. Salah satu agenda turnya paling dekat ini adalah perjalanan profesionalnya ke Jepang, tepatnya pada 10-11 April mendatang di Blue Note Tokyo lewat nama band Golden Striker Trio (Ron Carter, pianis Donald Vega, gitaris Russell Malone), serta berlanjut di Ryutopia Concert Hall, Niigata pada 12 April berkolaborasi dengan pemusik tradisi Jepang, Fumiyoshi yang memainkan alat musik shamisen.

Bermain bareng Fumiyoshi menjadi hari istimewa bagi Ron Carter sepanjang enam dekade berkarier di dunia musik jazz. Namun berpanggung di Jepang jelas bukan kali pertama buat Ron Carter, sudah sekira tiga atau empat kali atau bahkan lebih, dan salah satu yang paling berkesan ketika ia ikut konser keliling sebagai anggota band kuintetnya trumpeter Miles Davis.

Ketika itu beberapa nama lainnya yang ikut ialah tenor saksofonis Wayne Shorter, pianis Herbie Hancock dan drumer Tony Williams. Bahkan diberitakan oleh Japantimes, Ron sempat ambil bagian di live album kuintet tersebut dalan tajuk “Miles in Tokyo,” yang berlangsung di Tokyo Kosei Nenkin Kaikan (14 Juli 1964).

Bersama musisi-musisi jazz asal Jepang, Ron Carter juga tercatat pernah bareng kerjasama pembuatan album rekaman, antara lain dengan saksofonis Sadao Watanabe, pianis Toshiko Akiyoshi, dan trumpeter Terumasa Hino. (yay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *