Gandeng Tokopedia, Kemendag Tingkatkan Daya Saing Pasar Rakyat

Fokuskini – Kementerian Perdagangan berkomitmen meningkatkan daya saing pasar rakyat, salah satunya melalui program Digitalisasi Pasar Rakyat. Hal ini ditujukan agar pasar rakyat dapat berkompetisi dengan pusat perbelanjaan moderen serta mampu menjadi penggerak perekonomian wilayah.

Komitmen tersebut diimplementasikan Kemendag dengan menggandeng PT Tokopedia sebagai mitra strategis melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Peningkatan Daya Saing dan Penyediaan Fasilitas Ruang Promosi Melalui Digitalisasi Pasar Rakyat dengan Memanfaatkan Aplikasi Tokopedia.

“Dengan sinergi ini, PT Tokopedia akan memberikan fasilitas ruang promosi melalui pembukaan akun pasar rakyat di platform Tokopedia. Kerjasama ini diharapkan dapat membantu para pedagang pasar rakyat dalam meningkatkan penjualannya secara daring,” ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melalui keterangannya

Menurutnya, Kemendag terus mendorong pemerintah daerah melakukan inovasi ditengah pandemi Covid-19 agar roda ekonomi tetap berputar, termasuk dengan pasar rakyat. “Kemendag mendorong daerah yang memiliki pasar rakyat untuk menerapkan digitalisasi pasar rakyat bekerjasama dengan Pelaku Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya terhadap barang kebutuhan pokok (bapok), baik secara daring maupun luring,” imbuh Wamendag.

Di masa pandemi Covid-19 dan pembatasan jumlah pengunjung ke pasar rakyat, belanja daring menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam berbelanja. Di sisi lain, model bisnis ini juga menjadi cara pelaku usaha bertahan ditengah pandemi.

Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan, penjualan produk di media sosial dan portal niaga elektronik pada 2020 mencapai Rp446,75 triliun. Nilai ini meningkat 400 persen dibanding tahun 2017 yang tercatat sebesar Rp124,9 triliun.

Durasi pelaksanaan MoU dan perjanjian kerjasama ini berlaku selama tiga tahun dan dapat dievaluasi sesuai kesepakatan. Sebagai proyek percontohan (pilot project) pelaksanaan digitalisasi pasar tersebut, kini Pasar Sehat Sabilulungan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah aktif di Tokopedia (https://tokopedia.link/KZFE6EJEfcb).

“Selain semakin menguatkan eksistensi pasar rakyat, kami berharap kerjasama ini benar-benar dapat memberikan dampak positif bagi kelancaran penyediaan kebutuhan masyarakat yang bisa dipenuhi dari pasar rakyat,” dijelaskan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Syailendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *