Giliran Nodirbek Abdusattorov Juarai “FIDE World Rapid Champion”

Fokuskini – Nodirbek Abdusattorov, grandmaster catur (GM) asal Uzbekistan yang masih berusia 17 tahun berhasil menjuarai FIDE World Rapid Champion yang berlangsung di Warsawa ibukota Polandia, ataupun berhak menjadi Juara Catur Cepat Dunia termuda setelah mengalahkan GM Rusia, Ian Nepomniachtchi dalam hasil akhir yang harus ditentukan lewat babak blitz tiebreak (catur kilat).

Nodirbek, seperti diberitakan Chess24. telah mengalahkan Juara Bertahan Catur Klasik, Magnus Carlsen dari Norwegia (yang hanya berhasil meraih perunggu) dan Fabiano Caruana (di posisi 4) dalam permainan catur cepat. Oleh karena kemenangannya itu, secara perhitungan keseluruhan sangat layak untuk Nodirbek meraih gelar juara World Rapid Champion buat pertama kalinya.

Alexandra Kosteniuk, GM Rusia usia 37 tahun, selamat meloloskan diri dari beberapa momen sulit untuk memenangkan Kejuaraan Cepat Dunia Wanita pertamanya — sementara WGM remaja usia 17 tahun, Bibisara Assaubayeva (Kazakhstan) meraih perak dan GM Rusia, Valentina Gunina memperoleh perunggu.

Magnus Carlsen memasuki hari terakhir World Rapid Championship dengan momen keunggulan yang tidak berlangsung lama. Dirinya telah mengungguli Nodirbek Abdusattorov dengan bidak hitam, tetapi sedikit ketidakakuratan dari Magnus dan pertahanan yang kuat dari anak muda itu meninggalkan posisi di mana Magnus harus menerima posisi imbang yang berujung kekalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *