Grammy: “Best World Music Album” Berganti Nama Jadi “Best Global Music Album”

Fokuskini – Recording Academy telah mengumumkan bahwa kategori penghargaan Grammy Award untuk Best World Music Album telah diubah namanya, Billboard melaporkan, kategori penghargaan tersebut sekarang dinamai sebagai Best Global Music Album.

Tahun ini, penghargaan jatuh ke tangan Angélique Kidjo dalam tajuk Celia. Pada tahun-tahun terdahulu, penganugerahan untuk kategori ini diberikan kepada Yo-Yo Ma, Ladysmith Black Mambazo, Tinariwen, Gipsy Kings, Ravi Shankar, Caetano Veloso, Gilberto Gil, Chieftains, dan lainnya.

“Saat kami terus merangkul pola pikir yang benar-benar global, kami memperbarui bahasa kami untuk mencerminkan kategorisasi yang lebih tepat yang berupaya melibatkan dan merayakan lingkup musik saat ini dari seluruh dunia,” begitu sebagian bunyi pernyataan dari pihak Recording Academy.

“Selama musim panas lalu, kami sudah melakukan diskusi dengan artis, etnomusikolog, dan ahli bahasa dari seluruh dunia yang memutuskan bahwa ada peluang untuk memperbarui kategori Best World Music Album ke arah istilah yang lebih relevan, modern, dan inklusif. Perubahan tersebut melambangkan penyimpangan dari konotasi kolonialisme, individualis, dan non-Amerika yang terwujud dari istilah sebelumnya saat beradaptasi dengan tren saat ini dan evolusi budaya di antara beragam komunitas yang mungkin diwakili.”

Sebelumnya, penyelenggara Grammy mengumumkan bahwa Best Urban Contemporary Album berganti nama menjadi Best Progressive R&B Album.

24 November mendatang, kita akan mengetahui siapa saja para peraih nominasi untuk 84 kategori penghargaan Grammy ke-63, disiarkan streaming langsung selama sekira satu jam. (jos/berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *