Hanya di MNC Group, Kenikmatan Lengkap Menonton “EURO 2020”

Fokuskini – Tujuh kali berurusan dengan kejuaraan sepakbola negara-negara Eropa, kini meski sempat tertunda lantaran situasi darurat pandemi Covid-19, MNC Group terus menerus berkomitmen dengan keyakinan olahraga sepakbola sudah menjadi tontonan fanatik masyarakat dunia termasuk di bumi Nusantara, sehingga Direktur Programming dan Akuisisi RCTI Dini Putri — untuk EURO 2020 kali ini — menyebut pihaknya menghimpun banyak pengamat dan presenter usia muda sampai legendaris sebagai kerja tidak mau tanggung-tanggung yang selalu dilaksanakan selaras dengan kemauan zaman.

Ada tontonan program yang juga jangan dilewatkan, selain pertandingan yakni rangkaian tayangan acara yang menambahkan kemeriahan UEFA EURO 2020, mulai dari menjelang turnamen hingga kompetisi berakhir, diantaranya adalah Road to EURO 2020, The Magic of EURO 2020, Gol-Gol EURO 2020, Konser Opening EURO 2020, Focus EURO 2020 dan EUROPHORIA.

Selain di RCTI, MNCTV dan iNEWS selaku stasiun TV free to air milik MNC Group, pertandingan UEFA EURO 2020 juga dapat disaksikan melalui tiga platform TV berlangganan yaitu MNC Vision dan  K-Vision (Direct-to-Home/Satellite) dan MNC Play (broadband internet dan IPTV) dari PT MNC Vision Networks Tbk (MVN).
 
Sebagaimana kebutuhan masyarakat sekarang, para pelanggan tiga platform TV berbayar tersebut juga bisa menyaksikan setiap laga di UEFA EURO 2020 kapanpun dimanapun melalui aplikasi VISION+, sesuai tren kekinian menonton lewat perangkat gadget Anda tanpa harus bergegas sampai di rumah atau khusus singgah di lokasi nobar.

Info-info anyar dari setiap pertandingan mulai 12 Juni hingga 12 Juli 2021 juga dapat dinikmati di media massa MNC GROUP seperti di program berita INEWS, RCTI, MNCTV dan GTV, serta melalui portal berita kami Okezone.com, sindonews.com, iNews.id, Sportstars.id, Koran Sindo, Sindo Weekly dan Radio Trijaya FM.

UEFA EURO 2020 diadakan di 11 kota pada 11 negara yang berbeda di Eropa. UEFA EURO yang dilangsungkan tahun 2021 menjadi spesial lantaran dihelat bertepatan dengan peringatan 60 tahun sejarah bergulirnya turnamen bergengsi ini. Selain itu juga, ini untuk pertama kalinya, UEFA EURO digelar di seluruh bagian benua biru karena digulirkan di 11 kota dari 11 negara berbeda yang akan jadi tuan rumah bersama. Kecuali Azerbaijan dan Rumania yang juga menjadi tuan rumah namun tidak ikut dalam kompetisi UEFA EURO 2020. 
 
Kopenhagen yang merupakan Ibu kota Denmark, akan menjadi satu-satunya wakil dari Eropa Utara sebagai tuan rumah bersama. Sementara itu, perwakilan Eropa Timur adalah Rusia (St. Petersburg) dan Azerbaijan (Baku). Italia (Roma) dan Spanyol (Sevilla) menjadi wakil tuan rumah dari Eropa Selatan, sedangkan Eropa Tengah diwakilkan oleh Rumania (Bucharest) serta Hungaria (Budapest). Eropa Barat bakal menjadi wilayah yang mendapat jatah tuan rumah paling banyak yaitu ada 4 negara dengan 4 kota yang menjadi tuan rumah, yakni Inggris (London), Jerman (Munich), Belanda (Amsterdam), dan Skotlandia (Glasgow).

Nantinya, seperti dipastikan oleh Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo bahwa segala pertandingan terbaik UEFA EURO 2020 dapat disaksikan di RCTI, MNCTV dan INEWS. Ada 34 pertandingan live di RCTI termasuk perempat final, semifinal dan final, kemudian 5 pertandingan live di MNCTV.   INEWS juga menayangan live 39 pertandingan tersebut,  dan  juga menyiarkan siaran ulang seluruh pertandingan.
 
Saat ini, Audience Share dari televisi free to air (FTA) milik MNC Group sangatlah tinggi, seperti terlihat dari data selama 2021 (Januari – Mei 2021) mencapai 52,6% pada slot Prime-Time dan 40,7% pada slot non Prime-Time. Diyakini   pada saat program UEFA EURO 2020 bergulir nanti Audience Share semua televisi free to air (FTA) milik MNC Group akan semakin meningkat.
 
Tidaklah berlebihan keyakinan di atas, hal ini didasari hasil tayangan UEFA EURO 2016 yang tayang di RCTI, dimana pada pertandingan final yang mempertemukan Portugal melawan Prancis meraih audience share sebesar 60,0%. Sementara pencapaian audience share tertinggi pada UEFA EURO 2016 pada saat pertandingan Jerman versus Prancis yang mencapai audience share 62,4%. Bahkan pada tahun 2012, final yang mempertemukan Spanyol melawan Prancis, meraih share 64,3%. Adapun pencapaian terbaik, ketika pertandingan Inggris versus Swedia yaitu share sebesar 71,0%, suatu torehan yang luar biasa untuk tayangan olahraga di televisi.

Harapannya, semua tingkat raihan Audience Share yang pernah diperoleh selama penyelenggaraan siaran langsung UEFA Euro di MNC Group terus berbuah manis. Jadi, demikian keinginan Dini Putri, yaitu hanya tim sepakbola negara favorit Eropa saja yang menguasai setidaknya harus dari tahapan semifinal supaya tingkatan Audience Share terbaik sepanjang MNC Group menjadi Official Broadcaster UEFA EURO tetap terjaga. “Tim kuda hitam bagusnya cuma sampai perempat final saja deh,” ujaran serius Dini saat konferensi pers yang berlangsung virtual via YouTube pada Selasa siang tadi. (yay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *