Harapan Peningkatan Perekonomian ASEAN-Jepang di Masa Pandemi Covid-19

Fokuskini – Para menteri ekonomi ASEAN mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan hubungan perekonomian antara ASEAN dan Jepang di masa pandemi Covid-19.

Delegasi yang hadir pada Pertemuan Konsultasi ke-26 antara para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (METI Jepang) secara virtual jelang akhir pekan juga menyambut baik rekomendasi yang diberikan dalam menciptakan “new era business environment” melalui percepatan digitalisasi, pengembangan sumber daya manusia, dan penguatan rantai pasok regional.

“ASEAN dan Jepang perlu melakukan terobosan dalam memulihkan kondisi ekonomi di masa pandemi Covid-19 melalui percepatan digitalisasi aktivitas perdagangan dan perwujudan kebijakan yang inovatif,” ujar Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto.

Untuk itu, para menteri menyambut baik usulan Jepang untuk melaksanakan Dialogue for Innovative and Sustainable Growth (DISG) yang merupakan salah satu aksi konkret dari ASEAN-Japan Economic Resilience Action Plan yang telah diluncurkan pada 29 Juli 2020.

Para menteri juga menyambut baik implementasi First Protocol to Amend AJCEP Agreement oleh lima Negara Anggota ASEAN dan Jepang. Ditargetkan, implementasi penuh protokol tersebut oleh seluruh pihak ASEAN dan Jepang dapat terlaksana pada November 2020.

Protokol ini akan memperdalam dan memperluas kerjasama ekonomi ASEAN dan Jepang yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian kedua pihak di masa pandemi Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *