Indonesian Music Awards: RCTI Hargai Spirit Insan Musik Ditengah Pandemi

Fokuskini – RCTI kembali melakukan apresiasi terhadap hasil karya kesenian Indonesia lewat program penghargaan yang kali ini diperuntukkan bagi para pihak insan musisi dengan tetap ikut melibatkan masyarakat penikmat musik dalam tajuk Indonesian Music Awards (IMA 2021).

Menurut keterangan Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI, itikad baik ini datang karena melihat jagat musik nasional juga banyak mendatangkan perubahan berbeda yang merespons tren publik dimana-mana pada tontonan digital streaming.

Paling penting lagi, gelombang terjangan baru tersebut menimbulkan spirit hadirnya talenta-talenta muda berpotensi mendunia, serta sebaliknya pula mampu menyadarkan insan pendahulu atau para legendaris musisi nasional untuk tetap dikenal oleh kaum milenial dengan lagu-lagu yang menghibur.

Lagipula meski konser kerumunan massa secara langsung belum lagi memperoleh perizinan lokasi di area publik, disanjung Dini Putri, industri musik tidak melemah.

“(Mereka)Tetap bisa berkarya di masa pandemi,” pujinya.

RCTI menggagas penyelenggaraan IMA 2021, juga disebutnya sebagai stimulan untuk musisi muda supaya tetap tekun berkarya meski lagu-lagunya cenderung hanya banyak ditonton lewat cara streaming, karena belum bisa dinikmati di konser kerumunan langsung, serta pihak stasiun televisi pun masih membatasi pertunjukan panggung musiknya dengan kewajiban protokol kesehatan yang ketat dan terbatas.

Digelar untuk pertama kalinya, IMA 2021 merupakan hasil kerjasama RCTI dengan Langit Musik. Malam puncak IMA 2021 bakal digelar pada 6 Desember 2021 dan disiarkan secara langsung dari salah satu studio tercanggih yakni RCTI+.

“RCTI selalu berkomitmen mendukung program-program penghargaan atau apresiasi bagi para pelaku bisnis serta industri apa pun di Indonesia, termasuk industri musik Tanah Air. Karenanya, sekarang ini kami berkolaborasi dengan Langit Musik untuk menggelar ajang penghargaan bagi musisi Indonesia yakni Indonesian Music Awards yang untuk pertama kalinya diadakan. Selain sebagai bentuk apresiasi, semoga dengan adanya Indonesian Music Awards 2021 dapat memotivasi musisi Indonesia untuk terus berkarya,” tambah Dini Putri melalui keterangan tertulis.

Langit Musik, satu-satunya digital music streaming lokal terus menunjukan komitmen untuk terus memajukan musik Indonesia dengan beragam cara terutama melalui aplikasi pengguna iOS dan Android. “Kami rasa hadirnya Indonesian Music Awards 2021 ini tepat diadakan di penghujung tahun 2021 ini,” ujar Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia mengomentari kerja unit bisnis musik digitalnya, Langit Musik

Indonesian Music Awards 2021, ini dikatakannya, sebagai bentuk komitmen nyata Langit Musik untuk terus mendukung musisi Tanah Air dengan karya-karya mereka. Tidak hanya melalui program-program taktikal namun juga melalui event besar seperti ini sebagai apresiasi musik Indonesia selama satu tahun ke belakang.

Indonesian Music Awards 2021 menghadirkan 12 kategori penghargaan dimana masing-masing terdapat 5 nominee. Para nominee sebelumnya telah melalui proses seleksi berdasarkan dari data stream Langit Musik dalam kurun waktu 2020 – 2021.

Pertimbangan serta pembobotan tersebut dirangkum berdasarkan dengan metode:

  1. Qualitative Reasoning and Adjustment
    Data dari streaming di Langit Musik dipastikan relevan dengan tren, serta merupakan gambaran besar sirkulasi lagu dalam platform Langit Musik pada periode Oktober 2020 – Oktober 2021.
  2. Validasi dan verifikasi Asosiasi Music Director Indonesia
    Proses ini dilakukan untuk verifikasi serta memvalidasi bahwa data streaming serta Qualitative Reasoning and Adjustment dari pihak Langit Musik, sesuai dengan tren musik dalam kurun waktu yang ditentukan serta relevan dengan radio airplay yang juga menjadi acuan persebaran musik lokal ataupun internasional.


Setiap lagu serta musisi yang masuk ke dalam nominasi masing-masing memiliki peluang untuk menjadi pemenang dengan tambahan poin dari voting yang akan dilakukan via Langit Musik, media sosial, serta aplikasi RCTI+ hingga 29 November 2021 (pukul 24.00 WIB). Data yang keluar dari hasil voting akan diaudit oleh auditor independen, sehingga nama pemenang yang keluar dapat dipertanggungjawabkan keabsahan serta kredibilitasnya.

Kategori dan Nominee Indonesian Music Awards 2021:

SONG OF THE YEAR (“Lantas” – Juicy Luicy; “Los Dol” – Denny Caknan; “Melukis Senja” – Budi Doremi; “Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti” – Anneth Delliecia; “Tanpa Batas Waktu” – Ade Govinda+Fadly)

COLLABORATION OF THE YEAR (“Aku Yang Salah” – Mahalini+Nuca; “Bismillah Cinta” – Ungu & Lesti; “Cintanya Aku” – Tiara Andini+Arsy Widianto; “Tanpa Batas Waktu” – Ade Govinda+Fadly; “Tunjukkan” – Afgan & Raisa)


NEW ARTIST OF THE YEAR (Gangga – “Forever”; Kaleb J “It’s Only Me” (Studio Version); Khifnu -“Katakan Saja”; Mahalini – “Melawan Restu”; Stevan Pasaribu – “Belum Siap Kehilangan”)

SOCIAL MEDIA ARTIST OF THE YEAR (Anneth Delliecia, Betrand Peto Putra Onsu, Lesti, Lyodra, Tiara Andini)

MALE SINGER OF THE YEAR (Andmesh Kamaleng, Iwan Fals, Judika, Mahen, Rizky Febian)

FEMALE SINGER OF THE YEAR (Anneth Delliecia, Happy Asmara, Lesti, Lyodra, Rossa)

DUO/GROUP/BAND OF THE YEAR (Armada, Dewa 19, D’Masiv, Maliq & D’Essentials, Noah)

ALTERNATIVE SONG OF THE YEAR (“Bertaut” – Nadin Amizah; “C.H.R.I.S.Y.E Diskoria” -Laleilmanino/Eva Celia; “Kota” – Dere; “Melawan Hati” – Fiersa Besari+Prinsa Mandagie; “To The Bone” – Pamungkas)

THROWBACK HITS OF THE YEAR (“Cinta dalam Hati” – Ungu; “Dan” – Sheila On 7; “Hampa – Ari Lasso; “Kangen” – Dewa 19; “Ku Tak Bisa” – Slank)

SONGWRITER/COMPOSER OF THE YEAR (3 Composer – “Salah Benar”; Ade Govinda – “Tanpa Batas Waktu”; Laleilmanino – “C.H.R.I.S.Y.E”; Rian Ekky Pradipta – “Wanita”; Yovie Widianto – “Memilih Aku”)

ALBUM OF THE YEAR (“Arti Untuk Cinta” – Arsy Widianto+Tiara Andini; “Lyodra” – Lyodra; “Pun Aku” – Iwan Fals; “Raya” – Maliq & D’Essentials; “Solipsism 0.2” – Pamungkas)

TOP NADA SAMBUNG PRIBADI (“Ampun Bang Jago” – Tian Storm+Ever Slkr; “Awas Jatuh Cinta – Armada; “Di Saat Aku Tersakiti” – Dadali; “Hanya Rindu” – Andmesh Kamaleng; “Kulepas Dengan Ikhlas” – Lesti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *