Kabar Gembira! Indonesian Television Awards Kembali Hadir Tahun ini

Fokuskini – Setiap bulan di RCTI ataupun kelompok media pertelevisian MNC (MNC Group) merilis program penghargaan? Ya, kini bagi para insan pertelevisian Indonesia yaitu Indonesian Television Awards (ITA) 2021 telah diumumkan kembali hadir tahun ini. Peristiwa menggembirakan bagi kaum pelaku seni entertainment di Indonesia diakui Programming and Acquisition Director RCTI, Dini Putri sekarang di masa pandemi berkepanjangan jadi seakan rutin setiap bulan berlangsung oleh karena jadwal bisa mendadak bergeser dengan kewajiban protokol kesehatan.

Kepentingan penyelenggaraan yang terkesan menjadi rutinitas, lanjut Dini, ya karena hubungan pihak RCTI dengan sektor entertainment apapun itu harus ada sinerginya. Mengapresiasi, karena dunia pertelevisian ada saling ketergantungan satu sama lainnya. “Jalinan hubungan yang baik. Ada ikatan batin. Bukan masalah tontonan awarding itu laris,” tambah Dini.

Di tahun ke-6 penyelenggaraannya secara berturut-turut, terdapat 14 kategori penghargaan ITA 2021 yang terdiri dari 9 kategori program televisi dan 5 kategori individu, dimana dua kategori diantaranya adalah kategori baru yaitu Kategori Program Spesial Terpopuler dan Kategori Artis Televisi Terpopuler.

Ajang penghargaan bergengsi ini kembali ditayangkan oleh Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) serta GTV pada 27 September 2021 nanti dimulai pukul 17.30 WIB dari salah satu studio hi-tech termegah se-Asia, Studio RCTI+, kawasan MNC Studios, Jakarta.

“Tahun ini merupakan tahun ke-6 Indonesian Television Awards hadir di RCTI. Tentunya ITA 2021 menjadi suatu apresiasi bagi para pihak dibalik program – program yang tayang di televisi, terutama di masa pandemi dengan tantangan yang luar biasa, karena karya dan kerja keras mereka selain menjadi hiburan utama untuk kebanyakan masyarakat juga menjadi program yang sangat diminati sehingga masuk menjadi nominasi ITA 2021.”

ITA 2021 selain cerminan dari program favorit pilihan pemirsa televisi juga merefleksikan persepsi terhadap figur – figur di layar televisi Indonesia sepanjang tahun 2020-2021. Semoga ITA 2021 dapat menjadi pemacu bagi seluruh insan pertelevisian untuk terus menghasilkan kreativitas ataupun program terbaik di dunia pertelevisian Indonesia juga untuk para insan di depan layar menjadi motivasi untuk menjadi figur yang berkesan untuk pemirsa,” papar Dini Putri.

Keseluruhan nomine ITA 2021 yang masuk dalam 14 kategori, merupakan hasil survei dari tim Roy Morgan Research sebagai lembaga survei independen asal Australia yang telah berada di Indonesia sejak 2004. Survei yang dilakukan Roy Morgan Research melibatkan responden di 28 kota dari 17 propinsi Indonesia.

Roy Morgan Research menjalani survei dengan mendatangi langsung para pemirsa televisi namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, untuk mengetahui program televisi apa yang menjadi populer di tengah masyarakat berdasarkan acara terfavorit yang secara spontan disebut oleh para pemirsa. Untuk Program – program yang masuk sebagai nomine ITA 2021 dibatasi secara periode penayangannya, yaitu program yang tayang dari 1 Agustus 2020 sampai dengan 31 Juli 2021.

“Secara keseluruhan, survei yang kita lakukan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Dimana, kita tetap mengambil sampel dengan cara mendatangi rumah – rumah pemerisa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program terfavorit atau yang paling disukai yang mereka tonton untuk berbagai kategori. Sehingga, dari hasil wawancara tersebut keluar data para nominasi Indonesian Television Awards 2021. Karena kondisi masih dalam masa pandemi, sehingga selama proses wawancara kita selalu menerapkan protokol kesehatan ketat,” kata Ira Soekirman selaku Direktur Utama Roy Morgan Research.

Bagi seluruh pemirsa televisi dapat secara langsung memilih nomine favoritnya melalui sosial media Facebook (Indonesian TV Awards), Instagram (@indonesiantvawards) atau melalui aplikasi RCTI+. Periode voting telah dibuka hingga 22 September 2021 pukul 00.00 WIB. Perhitungan dan analisa voting di sosial media akan dilakukan oleh Provetic sebagai konsultan strategis berbasis data, untuk menjaga akurasi perhitungan serta validasi data pemilih. Setelah itu, hasil voting diverifikasi oleh auditor independen. Hasil voting diumumkan pada acara Malam Puncak Indonesian Television Awards.

“Pada zaman sekarang ini, pengguna sosial media terus meningkat. RCTI sendiri sudah sekitar enam tahun belakangan telah mengolaborasikan antara dunia pertelevisian dengan media sosial. Dari data riset yang ada, diketahui orang Indonesia menggunakan internet hampir 9 jam dalam sehari. Sementara untuk bermain sosial media, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 3 jam per harinya. Waktu penggunaan internet dan media sosial di Indonesia ini masuk dalam peringkat 8 dan 9 yang tertinggi di dunia. Sedangkan waktu yang dihabiskan oleh pemirsa untuk menonton televisi adalah hampir 3 jam. Bahkan di masa pandemi ini, terlihat peningkatan penggunaan internet, media sosial dan juga waktu menonton televisi. Oleh karenanya di sini, televisi dan sosial media dapat berjalan beriringan serta saling mendukung,” ungkap Iwan Setyawan selaku Direktur Utama Provetic.

RCTI dan juga GTV akan mengemas program Malam Puncak ITA 2021, pastinya dengan sangat meriah dan menarik.

DAFTAR NOMINASI ITA 2021

Program Prime Time Drama Terpopuler

  1. Amanah Wali 5 (RCTI)
  2. Buku Harian Seorang Istri (SCTV)
  3. Ikatan Cinta (RCTI)
  4. Putri Untuk Pangeran (RCTI)
  5. Suara Hati Istri (Indosiar)

Program Prime Time Nondrama Terpopuler

  1. Lapor Pak! (Trans7)
  2. LIDA 2021 (Indosiar)
  3. Mata Najwa (Trans7)
  4. On The Spot (Trans7)
  5. Opera Van Java (Trans7)

Program Non Prime Time Drama Terpopuler

  1. FTV Pagi (SCTV)
  2. FTV Siang (SCTV)
  3. Kisah Nyata (Indosiar)
  4. Pintu Berkah (Indosiar)
  5. Tukang Ojek Pengkolan (RCTI)

Program Non Prime Time Nondrama Terpopuler

  1. Brownis (Trans TV)
  2. Dahsyatnya 2021 (RCTI)
  3. Rumpi No Secret (Trans TV)
  4. Si Bolang (Trans7)
  5. Silet (RCTI)

Program Akhir Pekan Terpopuler

  1. Brownis Jalan Jalan (Trans TV)
  2. Janji Suci Raffi & Gigi (Trans TV)
  3. MasterChef Indonesia (RCTI)
  4. MotoGP (Trans7)
  5. My Trip My Adventure (Trans TV)

Program Ramadhan Drama Terpopuler

  1. Bismillah Cinta (Indosiar)
  2. Magic Tasbih (SCTV)
  3. Para Pencari Tuhan Jilid 14 (SCTV)
  4. Preman Pensiun (RCTI)
  5. Rumah Bidadari (SCTV)

Program Ramadhan Nondrama Terpopuler

  1. AKSI ASIA 2021 (Indosiar)
  2. Hafiz Indonesia 2021 (RCTI)
  3. Kultum (RCTI)
  4. Pas Buka (Trans7)
  5. Pesbukers Ramadhan (ANTV)

Program News Siang Terpopuler

  1. Fokus Siang (Indosiar)
  2. Kabar Siang (tvOne)
  3. Liputan 6 Siang (SCTV)
  4. Patroli (Indosiar)
  5. Seputar iNews Siang (RCTI)

Program Spesial Terpopuler

  1. Dahsyatnya Awards 2020 (RCTI)
  2.  Atta & Aurel Spesial Akad (RCTI)
  3. Lamaran Lesti dan Billar (Indosiar)
  4. RCTI 31st Anniversary Celebration (RCTI)
  5. SCTV Awards 2020 (SCTV)

Aktor Sinetron Terpopuler

  1. Arya Saloka
  2. Evan Sanders
  3. Stefan William
  4. Surya Saputra
  5. Verrell Bramasta

Aktris Sinetron Terpopuler

  1. Amanda Manopo
  2. Glenca Chysara
  3. Michelle Ziudith
  4. Ranty Maria
  5. Zoe Abbas Jackson

Pembawa Acara Televisi Terpopuler

  1. Andre Taulany
  2. Irfan Hakim
  3. Najwa Shihab
  4. Raffi Ahmad
  5. Ruben Onsu

Artis Televisi Terpopuler

  1. Amanda Manopo
  2. Andre Taulany
  3. Arya Saloka
  4. Baim Wong
  5. Raffi Ahmad

PUBLIC FIGURE INSPIRATIF TERPOPULER

Atta Halilintar
Baim Wong
Deddy Corbuzier
Najwa Shihab

Raffi Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *