Kembali Ditunda gelaran Turnamen Piala AFF 2020

Fokuskini – Federasi Sepak bola Asia Tenggara (AFF) kembali menunda gelaran turnamen Piala AFF 2020. Ajang bergengsi tingkat ASEAN tersebut harus kembali ditunda karena pandemi Covid-19 yang masih belum mereda.

Awalnya Piala AFF akan digelar pada November-Desember 2020 ini. Lalu AFF menunda menjadi April 2021 dan keputusan terbaru menjadi 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menghormati keputusan AFF ini. Apalagi saat ini seluruh dunia masih merasakan pandemi Covid-19. PSSI akan mengikuti keputusan AFF. Tentu ada hal positif dari penundaan ini yakni timnas Indonesia bisa melakukan persiapan lebih panjang,” kata Iriawan, menerangkan

Sementara itu, Presiden AFF Khiev Sameth mengatakan prioritas utama AFF adalah kesehatan dan keselamatan semua orang terkait turnamen tersebut. Karena itu, ia terus memantau perkembangan Covid-19, baik di Asia Tenggara maupun di dunia secara berkelanjutan.

“Melihat padatnya jadwal sepakbola untuk 2021, baik internasional maupun domestik yang telah diselenggarakan sejak 2020, juga menjadikan penyelenggaraan turnamen kami pada Desember 2020 sebagai waktu yang ideal,” kata Khiev Sameth.

“Mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 akan memberikan kesempatan terbaik untuk turnamen yang digelar dalam format penuh dengan pertandingan kandang dan tandang pada sistem gugur. Dan dengan stadion yang dipenuhi oleh penggemar untuk menonton tim mereka. Meskipun ada hasil yang menggembirakan dalam pengembangan vaksik, serta kepraktisan distribusi, dan implementrasi program vaksin di seluruh dunia termasuk Asia Tenggara, akan memakan waktu,” tambah Khiev Sameth.

Dengan penetapkan jadwal baru, format turnamen tak akan berganti. Masih mempertahankan sistem home and away. (pssi/yay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *