Pecatur Nomor 1 Perancis Juarai “World Blitz Championship”

Fokuskini – Maxime Vachier-Lagrave, grand master catur (GM) nomor satu Perancis mengalahkan pesaing tuan rumah Polandia, Jan-Krzysztof Duda lewat babak playoff untuk mengklaim dirinya tahun ini jadi juara World Blitz Championship.

Turnamen catur tersebut hampir terhenti di tengah jalan setelah Hikaru Nakamura (Amerika Serikat) dinyatakan terkena positif COVID-19, namun pada akhirnya bisa berlanjut dengan hanya molor satu jam saja.

Di sektor putri peraih poin tertinggi adalah gadis 17 tahun. WGM Bibisara Assaubayeva (Kazakhstan). dan GM Alexandra Kosteniuk (Rusia) harus rela Bibisara mengambil peluangnya untuk medali emas, sementara GM Valentina Gunina (Rusia) meraih perunggu.

Dunia catur relatif beruntung dengan kembalinya turnamen internasional tatap muka pada paruh kedua tahun 2021 setelah satu setengah tahun dilanda pandemi. Ada insiden terisolasi di turnamen Piala Dunia tetapi tidak ada penyebaran massal, dan juga gelaran Grand Swiss sukses berlangsung hampir tanpa hambatan.

Gelanggang laga catur dan situasi di seluruh dunia dunia tampaknya telah berada di persimpangan, tetapi menjelang kejuaraan dunia catur cepat dan blitz muncul varian Omicron dengan sangat tiba-tiba meningkatkan kemungkinan pernularan lagi.

Turnamen itu sendiri harus dipindahkan ke Warsawa, Polandia pada menit terakhir setelah peraturan COVID diperketat di Kazakhstan, dengan penyelenggara jelas melakukan pekerjaan yang terbaik untuk mengamankan tempat dan hotel untuk para pemain. Namun, terburu-buru berarti tidak semuanya dapat direncanakan dengan sempurna, dan tanda pertama bahwa sesuatu mungkin terjadi pada hari terakhir datang ketika ada keluhan saat menunggu rutinitas tes di fasilitas pengujian di seberang jalan hotel.

Saat babak final World Blitz akan dimulai satu jam lebih awal dari hari-hari sebelumnya, tetapi tiba-tiba semuanya menjadi ragu ketika ternyata Hikaru dinyatakan positif.

FIDE, yang karena alasan privasi tidak dapat menyebutkan nama, segera mengkonfirmasi berita sedih tersebut. Nanti akan dijelaskan pula tentang total tiga pecatur yang telah dinyatakan positif, meskipun sebagian besar fokusnya adalah pada Hikaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *