Nobo Kembali Gempitakan Industri Musik Indonesia dengan “Kesetiaan Hati”

Fokuskini– Nobo, penyanyi alumni Indonesian Idol, kembali hadir dalam gempita industri musik Indonesia dengan singel andalan kedua bertajuk Kesetiaan Hati. Masih memilih sibuk sebagai PNS, dan memanfaatkan kesempatan belajar dari Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua — Nobo masih sempat berkarya dan tetap konsisten bernyanyi lewat rampungnya penggarapan lagu Kesetiaan Hati ciptaan Bung Yossy. Singel keduanya ini telah disrilis resmi melalui tayangan langsung di kanal YouTube JK Records, pertengahan Februari lalu.

Begini lebih lanjut penjelasan pria bernama lahir Sanobo Sasamu ini, “Semuanya sudah kita atur, dan singel kedua ini sesuai rencana peluncurannya. Sebenarnya (sudah) ada tiga singel, dan semua sudah selesai yang nanti diluncurkan secara bertahap. Setelah pertama dan kini kedua, maka nanti singel ketiga hanya tinggal menunggu momentum yang tepat,” ujar Nobo lewat keterangannya di studio JK Records, Jalan Musi, Cideng, Jakarta.

Dengan genre yang sama, menurut Nobo, singel keduanya ini juga masih bermain di area mellow romantic. Bedanya, untuk singel kedua ini konsepnya adalah akustik.

“Selera pasar musik Indonesia masih nyaman di mellow. Hanya saja, kali ini saya dan JK Records mencoba untuk menyuguhkan hal baru dengan memberikan sentuhan akustik pada singel kedua ini. Jika pada singel pertama konsepnya full band, maka pada singel kedua ini saya hanya melakukan penguatan pada sound gitar,” jelas Nobo lebih jauh.

Hal ini, ujar Nobo, sejalan dengan keinginan dari produser yang menginginkan konsep simplicity untuk lagu atau singel yang akan diproduksi. Konsep akustik ini juga easy listening bagi para pemikmat musik Indonesia. Beberapa musisi juga sudah melakukan hal ini, dan terbukti lagu mereka juga digemari masyarakat.

“Yang penting, lirik harus lebay tapi tetap enak. Lebih mudah dicerna atau juga bisa lebih mudah dimainkan sehingga tidak menutup kemungkinan bagi pendengar untuk meng-cover lagunya,” sambung cerita penyanyi jebolan Indonesian Idol ini.

Di singel kedua ini, lagunya benar-benar harus dengan taste (rasa) karena lagu Kesetiaan Hati ini mengisahkan tentang hubungan percintaan. Kisah seseorang yang punya kekasih yang ditinggalkan. “Namun keputusan untuk meninggalkan sang kekasih itu berujung pada penyesalan, karena kekasihnya tersebut ternyata adalah true love yang tidak tergantikan. Disini rasa cinta dan kesetiaan itu di tampilkan dalam lagu. Dengan hanya menampilkan instrumen gitar dan vokal penyanyi, maka nuansa cinta dari lagu ini sangat kental,” papar Nobo.

Nobo juga menjelaskan bahwa proses penggarapan lagu ini terbilang lumayan singkat hanya sebulan. “Karena memang materi lagunya sudah siap. Jadi saat take recording kita langsung lanjut dengan syuting videoklip dan juga beberapa revisi. Jadi total penggarapannya hanya sebulan,” ungkap Nobo.

Senada dengan yang diutarakan oleh Nobo, Pak Nyo dari JK Records juga menyatakan bahwa tren lagu saat ini lebih banyak menggunakan konsep akustik. Hal ini bisa dilihat di platform media sosial utamanya YouTube, disana banyak sekali lagu yang dikemas dalam konsep akustik.

“(Masyarakat) Pendengar juga inginnya yang simpel-simpel saja. Ya, mungkin ini adalah tuntutan zaman, semua harus serba simpel dan menghibur. Meski begitu, nuansa keteduhan lagu ini sangat kentara,” jelas sang produser.

Tren akustik ini, menurut Nyo, sangat dominan. Banyak musisi mulai meng-cover berbagai lagu, baik lagu baru maupun lama yang kemudian mereka mainkan secara akustik, yang ditampilkan di YouTube dan platform streaming lainnya. Mengenai pilihan pada Nobo untuk membawakan lagu ini, Nyo beralasan, penyanyi asal Papua ini memiliki karakter suara yang bagus. Range suara Nobo juga tinggi, sehingga lagu itu sangat cocok dengan Nobo.

“Untuk musisi pendukung, JK Records memilihkan musisi yang secara kualitas sudah terbukti, seperti Hendri Lamiri pada biola, Nurul Susanto memainkan gitar, saya sendiri main backpipe dan akordion Ada juga Mark pemain bas lulusan konservatori Australia. Pokoknya, semua mengerahkan kemampuannya untuk menjadikan lagu Kesetiaan Hati ini layak untuk didengar dan ikut dinyanyikan masyarakat,” terang lanjut Nyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *