Papan Layar Skor Stadion Wembley Pelopori Adegan Ulang VAR

FOKUSKINI – Tahapan semifinal FA Cup yang semuanya berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris pada Sabtu dan Minggu ini (6-7/4/2019) — terbilang sudah diluar ekspektasi publik dunia kerena hanya skuad tim elitis, Manchester City yang terus melangkah maju di antara regu-regu gurem seperti Watford, Wolves dan Brighton.

Manchester United sudah telanjur tumbang ditebang Wolves di babak perempat final. Maka prediksi diatas kertas, City sudah satu kaki menjejak area kemenangan menuju puncak final. Mustahil kalah, walau bola memang bundar.

Tetapi sisi menarik justru muncul oleh pertama kalinya nanti jagat sepakbola Inggris menampilkan keputusan mutlak Video Assistant Referee (VAR) di papan layar skor, dan publik penonton di Stadion Wembley dapat segera menyimak langsung apakah gol sah atau dianulir dan hukuman penalti itu layak ataupun bukan hasil penglihatan keliru dari wasit utama.

Dua laga semifinal FA Cup pekan ini, yaitu Brighton versus Manchester City dan Watford melawan Wolves jadi momentum pertama kalinya publik penonton sepakbola Inggris bisa melihat langsung proses gol maupun pelanggaran yang menghasilkan tendangan bebas atau penalti sesuai keputusan yang diambil dari sahihnya teknologi VAR.

Penggunaan VAR itu sendiri bakal ikut diberlakukan di liga utama Inggris, Premier League mulai musim kompetisi 2019-20, setelah didahului ujicoba resmi di turnamen FA Cup dan League Cup.

Dengan nanti proses menayangkan adegan ulangan menyusul keputusan adil lewat teknologi VAR yang mulai dilakukan pertama kali di papan layar gede Stadion Wembley terkait babak semifinal FA Cup, pastinya ini bisa menimbulkan dampak respek langsung para suporter terhadap keputusan semua juru pengadil di lapangan hijau. (nbcsports/jos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *