Peduli Jurnalis: “Media Relasi” Galang Donasi untuk Rekan Seprofesi

Fokuskini (siaran pers) – Tidak bisa kita pungkiri, saat ini para petugas medis adalah pasukan garda terdepan dalam melawan pandemi virus Korona baru atau Covid-19. Mereka sebagai pejuang kesehatan yang berhubungan langsung dengan para pasien terdampak Covid-19, layak disematkan sebagai pahlawan kemanusiaan.

Selain petugas medis, ada satu profesi juga tidak kalah penting dan kerapkali terlupakan kontribusinya. Mereka ini adalah rekan-rekan jurnalis yang setia menjalankan profesinya, walau harus bekerja dari rumah saja. Mereka tetap mewartakan seputar perkembangan pandemik virus Koronavirus setiap jam dan perhari kepada masyarakat luas.

Namun, dampak pandemi covid-19 sangat luar biasa. Bukan saja menyangkut soal kesehatan yang berujung korban jiwa, tapi sendi nafkah kehidupan pun mengalami perubahan drastis, terlebih secara ekonomi.

Bagaimana tidak, sejak 2-3 bulan lalu dikeluarkannya kebijakan isolasi diri untuk semua pihak bergiat di rumah saja serta kini diberlakukannya PSBB, praktis seluruh aktivitas kehidupan sehari-hari jadi berkurang.

Berangkat dari hal tersebut, sesama rekan jurnalis yang tergabung di komunitas Media Relasi membentuk gerakan “Peduli Jurnalis” dengan tagline Dari Kita untuk Kita, dimotori oleh Andi Arif sebagai Ketua Pelaksana dan yang disokong oleh beberapa kawan jurnalis lain bergerak menghimpun donasi.

Alhamdulillah, ikhtiar rekan-rekan setelah dua minggu bekerja, donasi yang terhimpun dari para donatur mulai hari ini, Kamis, 23 April 2020, gerakan “Peduli Jurnalis” membagikan paket sembako plus uang tunai untuk 75 Jurnalis yang membutuhkan, dan yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi.

“Kami berharap bantuan kecil ini bisa menjadi manfaat buat rekan-rekan jurnalis yang terdampak langsung krisis akibat pandemi Covid-19. Ini ikhtiar awal yang bisa kami lakukan bersama dengan sejumlah pihak menularkan energi positif dalam membantu menyelesaikan masalah ini,” jelas lanjut Andi Arif lewat keterangannya di Jakarta, hari Kamis (23/4/2020).

Gerakan “Peduli Jurnalis” Ini bisa terlaksana berkat sokongan dari para pihak dan beberapa partner setia, dibarengi ucapan terima kasih kepada Bens Leo, Ferry Mursyidan Baldan, Leny Rafael, Novi Rizki, Febi Febiola, Arzeti, Irma Darmawangsa, M150, Gloskin, dan para pihak lainnya yang tidak ingin disebutkan namanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *