Rapper DRT Kembali dengan “Sekuatnya”

Fokuskini – Di pengujung 2021, rapper DRT kembali dengan Sekuatnya, singel ketiga dalam Transmisi (album kedua), diproduksi kembali oleh duo produser Rifofo & Gandhi Shiro. 

Lirik lagu Sekuatnya bermuatan tentang tekad untuk bekerja dan berkarya, ditulis DRT di awal 2018.

“Lirik verse pertama udah jadi, terus gw kontak Rifo, nada musiknya juga udah kebayang tapi karena gak bisa main alat musik jadi gw kasih tahu Rifo dengan dinyanyiin”.

Tiga tahun lebih setelah disimpan, penulisan lirik dilanjutkan dan musik mulai dibuat.

“Tiga tahun disimpan itu karena macem-macem. Gw ngelarin kuliah dulu, kerja buat biaya kuliah, terus ketemu teman-teman kolektif dan berkarya bareng. Sebelum Sekuatnya, malah ngerilis dua singel untuk album kedua. Saat itu entah kenapa gw ngerasa waktunya belum pas untuk Sekuatnya, makanya disimpan.”

Musik untuk Sekuatnya berciri khas duo Rifofo & Gandhi yaitu menggabungkan unsur lokal dan modern. Unsur lokal yang diangkat adalah nuansa Jawa Tengah dan Jawa Barat; digabungkan dengan trap—termasuk Rifofo menambahkan snare yang nyaring sesuai dengan rap DRT yang lantang.

Selain penggabungan unsur-unsur musik untuk memperkuat singel, dalam video musiknya tampil seorang penari yaitu Loreina Pidjath menjelang akhir lagu. Cerita dalam video musik dibuat sesuai dengan keseharian DRT.

DRT mengakui bahwa pandemi yang terjadi memicu untuk menggarap Sekuatnya; bukan tentang virus yang menyebar melainkan upaya untuk bertahan.

“Keluarga gw juga ada yang kena, syukurnya sembuh. Jujur, gw pengen banget keliling kayak biasanya tapi nahan diri, ikutin prokes dan work from home. Awal pandemi gw juga keimbas di kerjaan. Sempet bingung ngadepin situasi, tapi gw cari cara terus aja biar gak kelamaan bingungnya.” 

Selain yang bekerja di rumah, DRT memperhatikan para pekerja yang harus keluar rumah. Walaupun berisiko hal tersebut dilakukan untuk terus hidup di masa pandemi—dan DRT pun menaruh hormat kepada semua yang terus berupaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *