Serj Tankian Berkarya Solo Mengenang Asal Aslinya

Fokuskini – Vokalis kelompok heavy metal System of a Down (SoaD), Serj Tankian telah merilis singel baru, “Amber” serta video musik yang menampilkan penyanyi Armenia, Sevak Amroyan. Lagu itu ditulis dalam bahasa asli Armenia, sesuai asal etnis Tankian demi untuk menyebarkan kesadaran perjuangan orang-orang Armenia.

“Amber” secara sonik menyimpang tidak hanya dalam bahasa tetapi juga dalam genre dari apa yang biasanya kita harapkan dari pentolan System of a Down. Untuk kali ini berubah dari biasanya rock garang menjadi lagu menyerupai musik folk dan klasik.

Sepanjang lagu, piano dan dawai yang lembut menjadi dasar untuk paduan duet Tankian dan Amroyan. Tankian dan Amroyan bersama-sama membawakan makna syair-syair indah.

Tankian menyatakan bahwa keputusannya untuk menulis lagu ini terkait dengan pengalamannya saat perjalanan mengunjungi Armenia. Sang penyanyi lewat keteranganya menjelaskan, “Amber ditulis pada tahun 2017 setelah saya mengunjungi Armenia bersama teman-teman saya Atom dan Arsinee Egoyan serta Eric Nazarian sebagai anggota koalisi Justice For Armenia sebagai pemantau pemilu untuk pemilihan anggota parlemen.”

“Saya sangat bingung dengan akal bulus kecurangan pemilu sebelum mencapai kotak suara, sehingga saya menulis lagu ini sebagai tanggapan. Namun liriknya tampak lebih pedih hari ini ketika orang-orang Armenia terpecah secara politik dan sosial setelah serangan dahsyat di Nagorno-Karabagh dan Armenia oleh Azerbaijan dan Turki pada tahun 2020, dan kejatuhan berlanjut atas negosiasi dengan dua rezim diktator itu. Pesan Amber adalah persatuan dan harmoni. Itu adalah satu-satunya senjata yang benar-benar kuat dari bangsa Armenia.”

Sang vokalis kemudian menjelaskan alasannya untuk memasukkan Sevak Amroyan sebagai vokalis tamu untuk lagu tersebut. Ia menyatakan bahwa “Suara Sevak memiliki kekuatan unik yang mengingatkan kembali pada tanah air, rakyat kita. Saya suka mendengarkan lagu-lagunya seperti Yarkhushta. Jadi ketika kami bertemu, saya bersemangat untuk mengerjakan sesuatu bersamanya.”

Video musik resmi untuk “Amber,” disutradarai oleh Hrag Yedalian, dan bisa dinikmati melalui YouTube. (mxdwn/yay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *