Virus Korona Tambah Mewabah, AFF Tunda Lagi Berbagai Turnamen

Fokuskini – Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) resmi menunda dan akan menjadwal ulang beberapa turnamen yang beragenda digelar di tahun 2020. Hal ini karena meluasnya pandemi virus Corona (Covid 19) yang terjadi di beberapa negara terutama di kawasan Asua Tenggara.

Ada tambahan empat turnamen yang ditunda yakni Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF U-18 Putri, dan Piala AFF Wanita.

Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth mengatakan penundaan kompetisi ini belum pernah terjadi sebelumnya. Melihat kondisi yang belum normal, AFF akhirnya memutuskan untuk menunda beberapa turnamen dengan tujuan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak.

“Ini adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk seluruh dunia, termasuk untuk sepakbola, tapi kita akan melewatinya bersama,” kata Khiev Sameth, seperti dikutip daro situs resmi PSSI,

“Karena risiko penularan penyakit pada pertandingan sepakbola seperti ini sangat tinggi, kami telah membuat keputusan yang dipertimbangkan untuk menunda dan kapan pun diperlukan untuk membatalkan kompetisi kami untuk meminimalkan kontak sosial dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan komunitas sepakbola,” tambah Khiev Sameth.

Sementara itu, AFF juga memastikan ada lima turnamennya yang tetap digelar sesuai jadwal. Lima turnamen tersebut yaitu Piala AFF Putri U-15 di Indonesia pada bulan September, Piala AFF pada November mendatang. Setelah itu, ada Piala Futsal AFF, Piala Klub Futsal AFF, dan Piala Sepakbola Pantai AFF yang semuanya dilangsungkan di Thailand pada akhir tahun 2020.

“Karena situasinya terus berkembang, kami akan terus mencermati dan tidak akan ragu untuk melakukan perubahan pada jadwal kami jika diperlukan. Dalam setiap keputusan yang kami buat, AFF akan selalu memprioritaskan kesejahteraan komunitas sepakbola,” lanjutnya.

AFF terus mengikuti perkembangan pandemi virus Korona bersama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, Instansi Pemerintah, FIFA, dan AFC. “Kita semua harus melakukan bagian untuk mengupayakan agar penyebaran virus ini tidak semakin tinggi sehingga semua tenaga medis yang mempertaruhkan hidup mereka di luar sana dapat mengatasi jumlah pasien yang sakit parah,” ucap Khiev Sameth.

“Semua langkah yang diberlakukan masing-masing pemerintah hanya dapat berjalan sesuai rencana, jika kita melakukan bagian kita untuk meminimalkan kontak sosial,” katanya, menambahkan.

Sebelumnya FIFA dan konfederasi sepakbola Asia (AFC) juga telah menunda pertandingan sisa kualifikasi Piala Dunia 2022, Liga Champion Asia 2020 dan Piala AFC 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *