Karya Film Terbaru Garin Libatkan Konsep Musik Mondo Gascaro

Fit Afiat LEISURE TIME Muziek!

FOKUSKINI – “Kucumbu Tubuh Indahku” (Memories Of My Body) merupakan karya film terbaru dari maestro Garin Nugroho yang mengisahkan tentang kehidupan seorang penari tradisional lengger, terinspirasi oleh kisah hidup Rianto, mantan penari lengger yang sekarang menjadi penari kaliber internasional dan menetap di Tokyo, Jepang.

Film yang baru saja meraih penghargaan sebagai film terbaik di “3 Continent Film Festival”, Nantes, Perancis ini telah diputar di berbagai festival film Internasional sejak Agustus lalu, antara lain Le Bienalle Venice Film Festival, Busan International Film Festival, Adeleide Film Festival, serta Singapore International Film Festival.

Bertepatan dengan pemutaran pertamakalinya film ini di tanah air yang berlangsung di Jogja-NETPAC Film Festival. Muatan musik dan lagu-lagu dalam film ini juga telah dirilis dalam album Original Motion Picture Soundtrack – “Kucumbu Tubuh Indahku” (Memories of My Body) oleh Ivy League Music bekerjasama dengan Signature Music Indonesia.

Bermuatan music scores excerpts serta lagu-lagu dalam film yang digarap oleh Mondo Gascaro. Sebagian besar lagu-lagu dalam film ini merupakan remake lagu-lagu Indonesia tempo dulu. Antara lain “Hanya Semalam” dan “Rindu Lukisan” karya Ismail Marzuki, serta “Apatis” yang pernah dipopulerkan oleh Benny Subardja di tahun 1970-an.

Lagu-lagu tersebut dinyanyikan ulang oleh Endah Laras, Danilla dan Mondo Gascaro. “Pertama kali Mas Garin menceritakan tentang film ini dan konsep musik yang dibayangkan, beliau bilang ingin menggunakan lagu dan musik sebagai penanda jaman yang membuka ruang memori dan sejarah kita,” ungkap Mondo dalam keterangannya.

Selain lagu-lagu remake ini, Mondo juga membuat satu lagu baru berjudul “Dari Seberang”. Lagu ini ditulis oleh Mondo bersama Garin Nugroho dalam penulisan liriknya. “Karya-karya Mondo selalu mengandung dua aspek, memori pada Indonesia lama dan hari ini. Maka sangat tepat untuk film ini. Pada sisi lain, karya Mondo juga mengedepankan kesederhanaan dan kemampuan mengelola perasaan atas pilihan aransemennya,” demikian ujar Garin Nugroho pada liner notes album.

Ini menjadi satu-satunya album soundtrack dari karya film sutradara Garin Nugroho, Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body), dan telah bisa dinikmati dalam format CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 19 = twenty seven