Dragonfly, Eksibisi Karya Seni Fotografi Wahyu Sigit

Galeri Seni MOMENTUM

Fokuskini (Siaran Pers) – Indonesia merupakan negara hayati terbesar kedua setelah Brasil, dan memiliki kekayaan jenis capung mencapai 15% dari 5680 jenis capung di dunia. Keberagaman capung didorong oleh kondisi geografis dan iklim tropis Indonesia sehingga capung memungkinkan untuk hidup di kedua musim yang ada, kemarau dan penghujan.

Sejarah panjang biogeografi juga menjadi faktor pembeda kekayaan jenis capung Indonesia dengan wilayah oriental dan Australia. Keanekaragaman hayati capung yang sudah ada sejak 300 juta tahun yang lalu, nyatanya tetap masih bertahan hingga sekarang.

Stefanus Wahyu Sigit Rahadi merespons keberadaan serta keanekaragaman capung ke dalam sepilihan karya-karya fotografinya. Ia menyusuri berbagai wilayah demi mengabadikan capung, mulai dari tepian sawah hingga kawasan-kawasan hutan.

Pria kelahiran Temanggung, Jawa Tengah pada 3 Agustus 1969 ini dulunya alumnus fakultas sastra Universitas Sanata Dharma, sempat bekerja guru sosiologi di Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) St Albertus Malang, Jawa Timur sebelum akhirnya memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan fokus berburu capung.

15 September 2010, ia mendirikan Indonesia Dragonfly Society (IDS), sebuah komunitas pecinta capung Indonesia.

Dalam pameran karyanya di Bentara Budaya Yogyakarta dari 1 Desember nanti hingga 8 Desember 2019, kita akan menyaksikan foto-foto terpilih karya Wahyu Sigit termasuk kreasi instalasi capung. Seluruhnya dihadirkan untuk memberikan pengetahuan serta membangkitkan kesadaran publik atas betapa kayanya spesies capung di Indonesia.

Capung termasuk kelompok serangga purba yang bertahan terus hidup dalam berbagai perubahan jaman. Kemampuan untuk bertahan dalam berbagai perubahan jaman ini menunjukkan kemampuan adaptif dari capung terhadap perubahan lingkungannya.

Capung juga sering disebut sebagai indikator kesehatan air. Nimfa capung (disebut naiad), hidup dalam air dan menjadi predator dalam ekosistem perairan yang bersih. Serangga dewasa adalah penerbang yang tangguh dan menjadi pemangsa bagi serangga status hama pengganggu tanaman.

Keberadaan capung memberikan jasa lingkungan yang sangat penting bagi ekosistem, khususnya bagi lahan pertanian karena kemampuannya menjaga kestabilan ekosistem pertanian. Keberadaan capung dalam sebuah ekosistem, secara umum menunjukkan bahwa ekosistem tersebut masih sehat.

Kebutuhan capung akan air dan kemampuan terbang untuk mencari makan, merupakan indikasi bahwa kualitas air dan daratan dalam sebuah kawasan masih terjaga dengan baik.

Kekayaan capung yang melimpah ini tidak serta merta melahirkan banyak peneliti dan pecinta capung di Indonesia. Bahkan banyak jurnal ilmiah, buku, panduan lapangan, catatan perjumpaan, dan koleksi spesimen yang ada dibuat atas kerja orang asing dan tersebar di berbagai negara.

Kita sebagai pemilik kekayaan tersebut, hanya menjadi penonton dan penikmat keragaman capung dalam bentuk angan-angan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty three + = thirty three