Generasi Lintas Budaya, Artis dan Tokoh Nasional Gelar #BahanaKebangsaan

BACAAN UTAMA FIT AFIAT GUYUB FOKUS KIAT PELIPUR

Fokuskini – Meski situasi darurat pandemi Covid 19 masih menghantui masyarakat Indonesia namun bukan berarti kita tidak bisa merayakan ulangtahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Banyak cara agar perayaan proklamasi 17 Agustus tetap dirayakan, dengan tentu tetap menjaga protokol kesehatan.

Generasi Lintas Budaya (GLB) didukung portal berita iNews.id menggelar gerakan #BAHANAKEBANGSAAN dalam rangka KENDURI RAYA 75 INDONESIA,  melalui aktualisasi  Virtualisasi sumber daya kreatif seniman – pekerja seni anak bangsa.

“Meski kondisi pandemi Covid 19 masih mengkhawatirkan, tapi bukan berarti kita tidak boleh merayakan hari Kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satu caranya menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam bentuk video, dan videonya di upload ke media sosial masing-masing dengan mengusung hastag BAHANAKEBANGSAAN pada 17 Agustus 2020” ujar Olivia Zalianty Ketua Panitia #Bahana Kebangsaan lewat keterangannya.

Olivia menambahkan, #BahanaKebangsaan adalah sebuah ajakan viral di mana setiap warga negara Indonesia dapat berpartisipasi langsung dan serentak dalam sebuah gerakan nasional menyanyikan lagu INDONESIA RAYA dalam bentuk video.

Generasi Lintas Budaya juga menggelar kompetisi bela negara. Para peserta diminta untuk memposting video di akun Instagram berdurasi satu menit yang berisikan lomba 17-an versi peserta yang kreatif dan menarik di rumah masing-masing, sebagai ajang kompetisi berhadiah total jutaan rupiah.

Para peserta bisa memposting video ke akun instagram dengan syarat follow dan mention akun Instagram @generasilintasbudaya dan @inewsdotid, sertakan juga dalam caption #BAHANABELANEGARA dan mention lima teman di Instagram. Sebanyak 10 video paling menarik akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp500.000.

“Bahana Kebangsaan kami gelar, sebaga cerminan jati diri Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika, juga sekaligus untuk menggelorakan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia dengan semangat nasionalisme,” sambung Olivia optimis yang sekaligus jadi host bersama Elica Putri.

Selain kompetisi video, #BAHANAKEBANGSAAN juga menggelar Dialog Kebangsaan pada tanggal 17 Agustus 2020, pukul 10.30-12.30 WIB. Dialog Kebangsaan ini menghadirkan tokoh-tokoh nasional seperti Agung F Sampurna. Doni Monardo, dan Romo Muji Sutrisno SJ, Edy Utama, Radhar Panca Dahana, Aero Aswar yang atlet jetsky nasional, dan penyajian lagu Nusantaraku karya A Riyanto dengan aransemen baru. 

Dalam kesempatan itu, para seniman akan menujukkan kecintaan mereka kepada  Indonesia melalui pembacaan puisi oleh Happy Salma, Marcella Zalianty, Prilly Latuconsina dan juga oleh KH.Mustofa Bisri (Gus Mus),  disiarkan secara streaming pada akun YouTube iNews Portal. 

Program Generasi Lintas Budaya ini merupakan glorifikasi BAHANA KEBANGSAAN Belanegara Bersatu Bangsaku, ragam program pilihan literasi  nilai nilai kekayaan kearifan Indonesia, serta berperan aktif bersinergi dengan seluruh komunitas budaya. Merawat alam  lingkung  keberagaman dalam harmoni untuk semesta alam. Diselenggarakan bersama iNews.id, Generasi Lintas Budaya juga bersinergi dengan PARFI’56.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + = ten