Lagu Baru DJ Stroo Ajak Kolaborasi Ten2Five

Agenda Baru Fit Afiat LEISURE TIME Muziek! Reka Gaya

Fokuskini – Dj Stroo kembali merilis lagu terbaru, bertitel “Ain’t A Love Song”. Kali ini berkolaborasi dengan Ten2Five, yang saat ini beranggota Imel (vokal), Ardhy (gitar) dan Thomas (drum, perkusi). Format singel ini masih berkarakter EDM (Electronic Dance Music), tapi dengan nuansa band yang juga menonjol.

Lagu tersebut sebenarnya sudah diciptakan DJ Stroo pada pertengahan 2019 lalu. Akan tetapi karena masih bingung memilih kolaborator, lagu ini tidak jadi diproduksi, dan ketika itu DJ Stroo malah merilis singel “People Power” (2019).

Saat ingin memproduksi singel “Ain’t A Love Song” tanpa disengaja, Dj Stroo melihat tayangan penampilan Ten2Five di kanal YouTube. DJ Stroo langsung tertarik dan merasa cocok dengan vokal Imel, dan lantas menghubungi pihak managemen Ten2Five yang kebetulan memang sudah dikenalnya sejak lama.

Dari pembicaraan via telepon dan akhirnya bertemu dengan seluruh personel band yang dikenal luas lewat lagu hits “I Will Fly” ini, mereka bersepakat untuk berkolaborasi. Apalagi materi lagu “Ain’t A Love Song” cukup diterima oleh seluruh personel Ten2Five.

Kesepakatan berkolaborasi bukan menjadi hal yang mudah, karena, demo lagu yang sudah dibuat awalnya memang ditulis Dj Stroo untuk vokal cowok. Di sisi lain, Ten2Five (yang dalam waktu dekat juga akan merilis singel baru lebih dikenal dengan lagu-lagu balada bernuansa akustik, dan mereka belum pernah berkolaborasi dengan DJ atau genre EDM.

DJ Stroo terpaksa meramu ulang sampel musiknya, termasuk menyesuaikan dengan notasi vokal Imel. Di lagu ini, walaupun tampil dengan nuansa EDM, DJ Stroo tidak mengubah karakter band Ten2Five, selain menyesuaikan dengan karakter lagu yang digarapnya. Bahkan memberi kebebasan bagi seluruh personel band yang sudah aktif sejak tahun 2004 ini, untuk memberi masukan dan berkontribusi.

Imel memberi revisi pada lirik dan masukan pada caranya menyanyikan lagu ini, termasuk usulan nuansa sound. Sedangkan personil lainnya, juga memberikan isian instrumen seperti persepsi mereka secara pribadi, dengan sedikit arahan dari DJ Stroo.

Proses take vocal dan instrumen, dilakukan di studio pribadi Ten2Five tanpa melibatkan Dj Stroo secara langsung. Apalagi di masa pandemi ini, pertemuan keduanya memang terhitung minim, dan lebih banyak berkomunikasi melalui aplikasi Whatsapp.

Menurut Imel, kolaborasi dengan DL Stroo menjadi new experience bagi perjalanan Ten2Five. “Bagi saya pribadi, kolaborasi dengan DJ bukan hal yang pertama kali. Tapi Bersama Ten2Five hal ini menjadi pengalaman baru. Apalagi kami bisa terlibat secara total saat produksi. Baik memberi usulan sound, atau diberi kebebasan saat proses recording. Hal yang menjadi sesuatu yang baru pada perjalanan karir kami,” ungkap Imel.

“Memainkan musik cross genre di singel ini adalah hal yang baru. Biasanya kita memainkan lagu yang kuat dengan nuansa akustik, kini kita berkolaborasi dengan musik yang justeru bernuansa electronic. Hal ini seperti memberi energi baru, yang belum pernah terbayangkan sebelumnya,” komen Ardhy.

“Ain’t A Love Song” berkisah tentang seseorang yang mencintai orang terdekatnya, akan tetapi rasa cintanya tidak pernah ditanggapi secara serius, walaupun sudah melakukan banyak hal untuk membuktikan rasa cintanya tersebut.

Lagu EDM yang juga menampilkan nuansa band (analog) dengan retro vibes yang lebih kentara pada pilihan sound dan aransemen. Justeru, menurut Dj Stroo, karakter aransemen tersebut bukanlah kesengajaan.

“Rencananya, aku ingin menampilkan karakter sound yang benar-benar kekinian, akan tetapi saat membuat sampel lagu, aku mengambil sound dan karakter aransemen seadanya, karena dikejar waktu. Awalnya hanya untuk demo saja, akan tetapi justeru karakter sound seadanya yang cenderung retro ini malah disuka oleh seluruh personel Ten2Five. Akhirnya aku lebih banyak lagi mengeksplorasi sound retro, dan justru membuat lagu ini terdengar lebih unik,” ungkap Dj Stroo.

Nuansa retro tidak hanya pada sisi aransemen, karakter sound dan image cover, akan tetapi juga pada videoklip. Disutradarai sendiri oleh Dj Stroo, videoklip “Ain’t A Love Song” menampilkan permainan tradisional berupa perahu klotok yang menggunakan bahan bakar minyak kelapa. Dj Stroo merasa mainan anak yang digemari di era 1980-an hingga awal 1990-an ini seperti tersingkirkan oleh mainan layar sentuh dari perangkat gawai, beberapa tahun terakhir.

Di videoklip ini, DJ Stroo berharap bisa mengingatkan bahwa anak Indonesia pernah memiliki permainan seru dan menarik, dengan aktifitas outdoor sebelum terimbas teknologi gawai.

Dibawah label pribadi Dj Stroo, AudioProjects, lagu ini sudah bisa dinikmati di semua media musik streaming. Lagu ini juga akan dirilis dengan beberapa versi, dan rencananya akan dimasukkan di debut format album Dj Stroo, yang akan dirilis pada tahun ini juga. “Ain’t A Love Song” diharapkan bisa di terima oleh masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia, karena didistribusikan secara internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 3 =