FIFA Kini Ambil Sikap Tegas untuk Tindakan Konyol Emiliano Martinez

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini (AFP) – Penjaga gawang tim nasional Argentina, Emiliano Martinez telah dilarang bermain selama dua pertandingan oleh FIFA karena “perilaku yang menyinggung”, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) mengumumkan pada hari Sabtu tadi (28/9/2924).

Kiper andalan Aston Villa berusia 32 tahun itu juga dinyatakan bersalah karena “melanggar prinsip-prinsip fairplay” dalam dua kejadian terpisah.

Martinez dinyatakan telah melanggar kode etik FIFA saat memegang replika trofi Copa America di pangkal pahanya setelah kemenangan kualifikasi Piala Dunia atas Chili pada 5 September lalu.

Ini bukan pertama kalinya Martinez melakukan tindakan konyol seperti itu setelah juga melakukannya dengan trofi Sarung Tangan Emas untuk penjaga gawang terbaik setelah Argentina mengalahkan Prancis melalui adu penalti di final Piala Dunia 2022.

FIFA juga menjatuhkan sanksi kepadanya karena memukul kamera juru kamera TV dengan sarung tangannya setelah kekalahan Argentina 2-1 oleh Kolombia pada 10 September lalu.

AFA menyatakan ketidakpuasan mereka dengan keputusan FIFA tersebut. “Perlu dicatat bahwa Asosiasi Sepak Bola Argentina menyatakan ketidaksetujuannya sepenuhnya dengan keputusan yang diambil oleh komite disiplin FIFA,” tulis mereka dalam sebuah pernyataan resmi.

Sebagai akibat dari keputusan tersebut, Martinez akan absen dalam kualifikasi Piala Dunia melawan Venezuela pada 10 Oktober mendatang, dan juga saat nanti Argentina bertemu penantang Bolivia pada 15 Oktober 2024.

Argentina berada di puncak klasemen kualifikasi zona Amerika Selatan dengan 18 poin setelah delapan pertandingan. Kolombia hanya tertinggal dua poin di bawahnya.

foto: AP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirty nine − = thirty eight