Toprak Raih Juara Dunia di Musim Pertama Bersama BMW

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Posisi kedua di Race 1 pada gelaran WorldSBK Spanish Round akhir pekan ini sudah cukup bagi Toprak Razgatlioglu untuk memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike 2024 dengan dua balapan tersisa.

Gelar kemenangan Razgatlioglu — yang kedua, setelah 2021 — diraih pada musim pertamanya bersama BMW, pabrikan Jerman itu juga meraih gelar pertamanya di WorldSBK berkat prestasi pebalap Turki itu.

Hal itu diraihnya pada musim di mana Razgatlioglu memenangkan 17 balapan — dengan dua balapan tersisa — dan meraih 26 podium dari 34 balapan yang telah dijalankan sejauh ini.

Razgatlioglu juga mencatatkan rekor kemenangan beruntun sebanyak 13 balapan di pertengahan tahun, yang dimulai dari Race 2 di Dutch Round hingga Race 2 di Portuguese Round.

Crash menyayangkan, rekor kemenangan itu sempat terhenti ketika Razgatlioglu mengalami kecelakaan saat latihan untuk French Round pada awal September dan mengalami kolaps paru-paru.

Cedera itu jelas pernah mengancam dan menghalanginya mengamankan gelar juara meskipun ia mendominasi di hasil balapan sebelumnya.

Ia terpaksa absen dari balapan di Prancis, dan Italia secara keseluruhan, tetapi saat kembali balapan di Aragon, ia langsung naik podium, finis kedua di ketiga balapan di MotorLand.

Tiga podium lagi, termasuk dua kemenangan di Estoril Round akhir pekan lalu membuat Razgatlioglu berpeluang besar meraih gelar juara, dan berarti posisi kedua di Race 1 hari ini di Jerez sudah cukup baginya untuk dinobatkan sebagai juara — meskipun pesaing terdekatnya, Nicolo Bulega, memenangkan balapan, dan dengan dua balapan tersisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + two =