“GEN AKTIF” Dapat Dukungan PT HM Sampoerna Tbk

Fit Afiat LEISURE TIME MOMENTUM Podium

BenihBaik meluncurkan program GEN AKTIF untuk menginspirasi dan mengedukasi remaja di Indonesia dalam meningkatkan kualitas dan potensi diri dengan membangun gaya hidup sehat dan kreatif, salah satunya dengan tidak merokok. Didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek), program ini akan diimplementasi di tiga provinsi yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat hingga Juli 2022.

Permasalahan merokok di kalangan anak sudah sepatutnya menjadi perhatian bersama dan membutuhkan kerjasama semua pihak. Salah satu hal yang saat ini dipandang berkontribusi sebagai penyebab anak dan remaja merokok ialah tingkat stres dan tekanan yang dirasakan seiring dengan kondisi pandemi. Anak dan remaja yang bersekolah dan beraktivitas dari rumah mengalami ruang interaksi sosial dan menghadapi pilihan kegiatan yang terbatas.

Program GEN AKTIF berupaya untuk menanggulangi permasalahan ini melalui edukasi dan serangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menyalurkan energi anak dan remaja secara positif. Program ini tidak hanya menargetkan siswa-siswi SMP, SMA dan sederajat, namun juga guru dan tenaga kependidikan, serta orangtua. Sekitar 1.200 siswa siswi SMP, SMA dan sederajat, 360 tenaga pendidik dan staf sekolah, serta 840 orangtua diharapkan dapat terlibat dalam program ini, yang mencakup kegiatan olahraga, edukasi gaya hidup sehat, kampanye media sosial #KamiGENAKTIF, serta peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan keluarga melalui berbagai lokakarya edukasi.

Menyadari pentingnya dukungan para pemangku kepentingan terhadap program GEN AKTIF, BenihBaik mengajak berbagai pihak, mulai dari pemerintah, perusahaan, hingga pemerhati dan praktisi pendidikan, untuk terlibat dalam program ini.

Khusus di wilayah DKI Jakarta, selain didukung oleh Kemdikbud-Ristek RI, BenihBaik juga merangkul Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) DKI Jakarta, serta Komunitas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta untuk memperluas dampak positif dari program ini. Selain itu, Pada tahun 2022 ini, BenihBaik memperoleh dukungan dari PT HM Sampoerna Tbk yang mempunyai visi yang sama dalam pelaksanaan program GEN AKTIF.

Andy F Noya, CEO BenihBaik.com dalam bagian keterangannya mengatakan, “GEN AKTIF merupakan singkatan dari GENerasi SehAt dan KreaTIF, merupakan komitmen kami untuk mendukung pemerintah dalam menginspirasi, mengedukasi, dan mengajak remaja untuk meningkatkan kualitas diri, dimulai dengan hidup sehat dan kreatif, salah satunya dengan tidak merokok.”

Arief Triastika dari PT HM Sampoerna Tbk menyatakan dukungan pihaknya terhadap program GEN AKTIF, yang salah satunya bertujuan untuk mencegah anak di bawah usia 18 tahun merokok. “Kegiatan ini sejalan dengan komitmen perusahaan yang secara tegas menentang perokok anak. Lebih dari itu, kami selalu percaya bahwa diperlukan kerja sama semua pihak untuk mendukung pencegahan perokok anak yang efektif,” ujarnya.

Ia melanjutkan, “Harapan kami, melalui program GEN AKTIF, edukasi dan upaya pencegahan perokok anak dapat mempunyai jangkauan yang lebih luas. Sebelumnya, PT HM Sampoerna Tbk. telah menjalankan program sosialisasi dan penempatan materi komunikasi guna mencegah akses rokok oleh anak-anak yang telah menjangkau 1,5 juta peritel di seluruh Indonesia.”

Sebagai langkah awal, program GEN AKTIF di DKI Jakarta dan telah menjangkau sebanyak 400 siswa-siswi SMP, SMA dan sederajat, 120 guru, dan 280 orang tua dari 53 SMP dan 30 SMA.

“Puncak bonus demografi yang akan dihadapi oleh Indonesia perlu diimbangi dengan kualitas diri penduduk usia produktif yang baik, baik dari kesehatan fisik maupun mental. Dengan melibatkan tidak hanya para remaja, namun juga keluarga (orangtua) serta tenaga pendidik dan sekolah, program GEN AKTIF berhadap dapat mendukung para remaja di DKI Jakarta semakin berprestasi, percaya diri, dan menjadi generasi muda andalan keluarga dan bangsa sekaligus diharapkan dapat menurunkan jumlah perokok usia remaja di Indonesia,” harap Andy F Noya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ forty three = 52