Rusia Dilarang Ikut Serta di “Euro 2024”

Agenda Baru LEISURE TIME MOMENTUM Podium TakTik

Fokuskini – Rusia dipastikan dilarang dari keikutsertaannya di kompetisi sepakbola negara-negara Eropa, Euro 2024. Isolasi terhadap negara itu dari olahraga internasional berlanjut, sementara perang di Ukraina masih terus berlangsung tanpa pertanda kemajuan atau kesepakatan kapan bisa diakhiri.

Negara tersebut telah dijatuhi skorsing dari segala kompetisi yang diselenggarakan oleh asosiasi sepakbola Eropa, UEFA dan federasi sepakbola dunia, FIFA sejak militer Rusia dibawah perintah Vladimir Putin melakukan invasi ke Ukraina pada Februari lalu.

Keputusan pihak Pengadilan Arbitrase Olahraga menolak upaya banding dari Rusia terhadap vonis larangan tersebut pada bulan Juli.

UEFA mengkonfirmasi pada hari Selasa tadi bahwa Rusia tidak bakal diikutkan pada undian kualifikasi, yang dijadwalkan berlangsung di Frankfurt, Jerman pada 9 Oktober nanti. Negara tuan rumah Jerman akan lolos secara otomatis ke turnamen tersebut.

Bunyi pernyataan resmi UEFA menyebutkan, “Rusia saat ini ditangguhkan di semua kegiatan turnamrn menyusul keputusan Komite Eksekutif UEFA pada 28 Februari 2022 yang selanjutnya telah dikonfirmasi oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga pada 15 Juli 2022.

Lantaran itu, Rusia tidak termasuk pula dalam undian kualifikasi Euro 2024.

Namun, UEFA mengkonfirmasi bahwa Belarusia, negara sekutu dengan Rusia selama invasi ke Ukraina, tetap akan dimasukkan dalam tahap pengundian kualifikasi..

UEFA menegaskan telah melarang tim nasional Rusia bermain di pertandingan resmi, dan semua klub sepakbola Rusia dilarang berkompetisi di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Eropa musim ini.

Akibat tersingkirnya Rusia dan lolos otomatisnya Jerman, maka 53 negara yang tersisa akan dialokasikan ke dalam tujuh grup di tahap babak penyisihan yang terdiri dari lima tim, dan tiga grup yang berisi enam tim.

10 pimpinan pemenang grup dan 10 runner-up berhak maju melanjutkan harapannya, sementara tiga tempat tersisa akan ditentukan melalui babak play-off yang akan dimainkan pada Maret 2024.

53 negara yang terlibat kompetisi akan diunggulkan menurut peringkat UEFA Nations League 2022-2023. (dailymail/yay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + = twenty two