John O’Shea, Mantan Bek Man Utd Jadi Asisten Pelatih Irlandia

Agenda Baru LEISURE TIME MOMENTUM Podium TakTik

Fokuskini – Mantan bek Manchester United, John O’Shea telah ditunjuk sebagai asisten pelatih dari Stephen Kenny untuk tim nasional Republik Irlandia.

O’Shea, yang meraih pengalaman bertanding 118 kali untuk Irlandia, kini menjadi asisten pelatih skuad utama setelah bekerja dengan tim U-21 selama hampir tiga tahun.Beliau baru saja menyelesaikan lisensi kepelatihan Pro UEFA dengan FAI pada Desember tahun lalu.

Pria berusia 41 tahun itu masih melanjutkan sisa tugasnya sebagai pelatih tim utama klub sepakbola liga Inggris, Stoke City selama jeda laga internasional.

O’Shea adalah pemain Irlandia dengan jumlah laga tertinggi ketiga yang pernah ada. Berbicara tentang peran barunya, dikutip dari Mail Online ia mengatakan begini, “Saya senang bergabung dengan staf pelatih tim internasional Irlandia senior, dan berharap dapat bekerjasama dengan Stephen dan segenap kru backroom lainnya.”

“Selalu menjadi kehormatan untuk bermain untuk negara saya (sendiri), dan mengenakan seragam hijau Irlandia. Jadi untuk bergabung dengan staf pelatih, dan bekerja dengan kelompok pemain dan staf petinggi saat ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya,” tambahnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Jim Crawford dan tim backroom Irlandia U-21, yang telah bekerjasama dengan luar biasa selama beberapa tahun terakhir, dan berharap mereka sukses setelah kampanye kualifikasi yang kuat tahun lalu.”

O’Shea yang mencatatkan 394 penampilan di Old Trafford, merupakan bagian tidak terpisahkan dari skuad United yang sukses meraih sejumlah trofi termasuk lima gelar liga utama Inggris, dua Piala Liga, Piala FA, dan Liga Champions UEFA.

Manajer timnas Irlandia, Kenny menyambut gembira kedatangan John O’Shea ke tim pelatih internasional senior Irlandia. “John memiliki karir yang cemerlang, bermain untuk Irlandia mulai dari U15 hingga mendapatkan 118 kali laga untuk negaranya. Setelah itu, ia berkomitmen untuk berkarier sebagai pelatih (di liga sepakbola Inggris), bekerja dengan Reading dan Stoke City selama hampir empat tahun hingga sekarang.”

“John juga (berhasil) menggabungkan itu dengan kampanye penuh bersama tim U-21 Irlandia di bawah Jim Crawford, dan saya telah mengamati perkembangannya dengan cermat saat beliau memberikan kontribusi positif sepanjang waktunya bersama tim.”

“John sekarang akan melakukan transisi ke tim pelatih senior di mana dirinya mengenal tim dengan baik, dan kami berharap John (telah siap) bergabung dengan staf kami untuk pertandingan (melawan) Latvia dan Prancis pada Maret nanti,” harapnya pula.

O’Shea pensiun dari karir pesepakbola profesional di Reading pada 2019, setelah lama bermain di Sunderland setelah menghabiskan waktunya di Old Trafford.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ four = eight