Kemendag Targetkan Indonesia Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

Galeri Seni LEISURE TIME MOMENTUM Podium Reka Gaya

Fokuskini – Permintaan fesyen muslim di pasar dalam dan luar negeri terus meningkat sejalan dengan perkembangannya yang menjadi gaya hidup (lifestyle). Indonesia dapat memanfaatkan peluang itu agar menjadi kiblat fesyen muslim dunia, sebagaimana penyampaian Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Frida Adiati pada penutupan MUFFEST Plus Road to INTUMOTION 2023, hari Jumat (10/3/2023) di Jakarta.

“Indonesia harus bergotong royong mengakselerasi pertumbuhan industri fesyen muslim dalam negeri hingga akhirnya terwujud Indonesia Sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia. Kuncinya adalah kolaborasi dan penguatan ekosistem fesyen muslim Indonesia. Indonesia pasti bisa mengambil peluang ini karena Indonesia kaya ragam kearifan dan budaya lokal yang bisa menjadi inspirasi dan aset bagi para desainer untuk terus berkarya,” ujar Frida, sesuai dengan Roadmap Fashion Muslim Indonesia yang ditargetkan pada 2023 untuk penguatan jaringan (networking) dan berinteraksi (connecting) dengan terjun langsung dalam peta fesyen internasional.

Frida menyebutkan, Kementerian Perdagangan telah berkolaborasi dengan para jenama untuk berpartisipasi di ajang fesyen bergengsi internasional. Misalnya pada sekira awal Maret lalu, pihaknya mengantarkan enam jenama Indonesia untuk mengikuti L’adresse Trade Showroom pada Paris Fashion Week 2023 di Paris, Prancis. Pada kegiatan ini, Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan KBRI dan Tokopedia.

Selain itu, sekira pertengahan Februari lalu Kementerian Perdagangan juga berpartisipasi pada “Indonesia Now” pada New York Fashion Week 2023 di New York, Amerika Serikat.

Kementerian Perdagangan, lanjut Frida, sangat memahami pentingnya keterlibatan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia dan menjadikan kekuatan baru ekonomi nasional.

“Untuk itu tak henti-hentinya, Kementerian Perdagangan mengajak kolaborasi dan kerjasama yang erat dari seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan fesyen muslim. Kami juga mengundang partisipasi dan kolaborasi para peserta yang hadir pada acara utama Jakarta Muslim Fashion Week pada 19–21 Oktober 2023 di ICE-BSD, Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan ini direncanakan bersamaan dengan Trade Expo Indonesia sehingga diharapkan semakin banyak buyer yang hadir dan menjalin kerjasama dengan pelaku usaha Indonesia,” imbuh Frida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− one = two