Unai Emery: Terlalu Dini Omong Capaian Ke Liga Champions

LEISURE TIME MOMENTUM Podium TakTik

Fokuskini – Unai Emery lewat keterangannya mengatakan masih terlalu dini untuk menyebut Aston Villa, klub sepakbola penghuni liga utama Inggris yang dilatihnya sebagai calon pesaing di kompetidi Liga Champions Eropa, meski Sabtu tadi (15/4/2023) berhasil menang 3-0 atas Newcastle.

Dua gol dari Ollie Watkins yang menambah jumlah golnya menjadi 11 dalam 12 laga terakhir, setelah gol pembuka Jacob Ramsey menjadikan AVFC melanjutkan tren kemenangan yang menjaga peluang guna bisa bertarung di arena Liga Europa musim depan. Atau sementara ini bahkan hanya enam poin dari kemungkinan masuk posisi empat besar dalam daftar klasemen Premier League.

Emery mengatakan kualifikasi Liga Europa memungkinkan, tetapi (berpikir) belum waktunya untuk berbicara tentang mencapai Liga Champions Eropa.

“Kami berbicara tentang target sulit berikutnya yang bisa kami miliki, tetapi tidak sekarang. Jangan sekarang,” terangnya kepada kalangan media, dikutip dari The Irish News.

“Kami bisa untuk berpikir (cara bagaimana) menjadi kandidat pesaing di (Liga) Europa tapi (mencapai) empat besar (zona kontestan Liga Champions) sangat, sangat sulit. Tentu saja, jika kami terus menang, kami dapat menambah (poin) untuk minggu-minggu berikutnya, tetapi tidak sekarang,” ungkap Emery, sadar diri.

“Kami sekarang tidak memikirkan (meraih) empat besar, dan kami (masih) akan menghadapi (dua pesaing di atas Villa) yaitu Tottenham dan Manchester United.”

Namun, Emery bisa saja mengubah pendapatnya jika Watkins terus mampu mencetak gol seperti tadi (sebagai tuan rumah melawan Newcastle), karena sekali lagi menunjukkan momentumnya sebagai striker paling bugar di liga utama Inggris, dengan kecepatan dan gerakannya yang kerapkali menimbulkan bahaya.

Kalau saja tadi manajer tim nasional Inggris, Gareth Southgate menonton, pasti Watkins akan dipanggil kembali ke skuad timnas pada musim panas nanti.

Emery menambahkan, “Kami sangat senang untuk performanya, karena penampilan terbaik darinya datang ketika ia bekerja secara defensif dan mencoba membantu, seperti yang dirinya lakukan (di laga) hari ini.”

“Kami sangat senang, hari ini adalah hari yang sempurna, menampilkan performa yang sempurna. Ini sangat penting baginya dan juga Inggris, dan Watkins akan berada di daftar (skuad timnas) berikutnya,” diyakini Emery.

Kemenangan Villa tadi merusak harapan Newcastle yang penuh ambisi berkompetisi di Liga Champions, dan manajer Eddie Howe menerima kekalahan tersebut sebagai penampilan terburuk skuadnya pada musim ini.

“Kami banyak membuang penempatan dan kehilangan penguasaan bola. Kami tidak sekokoh dan seketat sebelumnya,” keluhnya.

“Ini hanya hari yang mengecewakan, yang harus kami analisis. Pada tahap musim ini dengan begitu sedikit pertandingan tersisa, tetap harus fokus pada apa yang ada di depan daripada apa yang (sudah) hilang,” imbuh Howe.

“Saya telah berbicara dengan para pemain dan mengungkapkan perasaan saya. Fokus utama adalah pada apa tanggapan kita nantinya. Kita perlu memastikan, bahwa kita bukan tim (yang tadi) itu lagi,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ninety three − = eighty five