Messi Tidak Lagi Berharap Bisa Bermain di “Piala Dunia FIFA 2026”

Podium TakTik

Fokuskini – Penyerang manjur Inter Miami dan tim nasional Argentina, Lionel Messi mengakui bahwa dirinya tidak lagi berharap untuk bermain di Piala Dunia 2026 guna membantu La Albiceleste mempertahankan gelar juara bertahan.

Pesepakbola yang kini telah berusia 35 tahun itu mengakhiri kecewa rakyat di negerinya selama lebih dari satu dekade melalui panggung internasional terbesar Piala Dunia FIFA di Qatar dengan memenangkan timnas Argentina untuk meraih mahkota sejak terakhir kalinya di tahun 1986.

Messi mencetak tujuh gol dan tiga assist di Qatar saat skuad pimpinan Lionel Scaloni mengalahkan Prancis melalui adu penalti menyusul final yang menegangkan, di mana sang striker mencetak dua gol dalam hasil imbang 3-3 setelah berlaga sepanjang 120 menit sebelum meraih piala Golden Ball sebagai yang terbaik di turnamen akbar tersebut.

Mantan jagoan FC Barcelona dan Paris Saint-Germain ini belum memutuskan kepastian gantung sepatu internasionalnya setelah keberhasilannya di Piala Dunia Qatar, dengan kemungkinan membiarkan pintu terbuka untuk dirinya tetap bermain di Piala Dunia FIFA 2026 yang akan diadakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Messi akan merayakan ulang tahunnya yang ke-39 selama siklus Piala Dunia berikutnya, tetapi pemain Argentina itu percaya bahwa edisi 2022 pada prinsipnya adalah penampilan Piala Dunia terakhirnya.

“Saya kira tidak. Ini adalah Piala Dunia terakhir saya. Saya akan melihat bagaimana keadaannya, tetapi pada prinsipnya tidak, saya tidak akan pergi ke Piala Dunia berikutnya,” kata Messi kepada China Titan Sports.

Meski mengesampingkan dirinya dari turnamen 2026, pastinya Messi sudah memegang beberapa rekor statistik di Piala Dunia, termasuk menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan penghargaan Golden Ball untuk lebih dari satu kali.

26 penampilan Messi di final Piala Dunia juga merupakan yang terbanyak dari pemain mana pun dalam sejarah, sementara ia duduk di urutan keempat dalam daftar pencetak gol dengan 13 gol atas namanya.

Rekor perkasa pemain berusia 35 tahun itu disamai oleh Just Fontaine (Prancis), sementara lebih dari itu catatan terbaik dicapai oleh Miroslav Klose (16), Ronaldo (15) dan Gerd Muller (14).

Messi juga bawa gengsi sebagai pengumpan gol di turnamen Piala Dunia 2006, 2010, 2014, 2018 dan 2022 — dan tidak ada pemain sepakbola lainnya yang mampu membuat assist dalam lima edisi terpisah.

Messi menambah jumlah golnya menjadi 103 gol untuk Argentina dalam pertandingan persahabatan Kamis tadi dengan Australia, mencetak gol pembuka hanya dalam jangka waktu dua menit laga untuk kemenangan 2-0 sang juara dunia.

Menjelang peralihan permanennya ke liga divisi utama Amerika Serikat, MLS — Messi tengah berkemas untuk meninggalkan kawasan Eropa setelah mencetak 32 gol dan membuat 35 umpanan lagi dalam 75 penampilanya dengan PSG, memenangkan dua gelar liga teratas Prancis, Ligue 1 dalam prosesnya.

Striker berusia 35 tahun itu menolak minat dari Arab Saudi untuk bergabung di liga sepakbola elitis mereka dengan lebih memilih pindah ke Inter Miami, sementara itu Barcelona juga sempat mencoba memfasilitasi reuni, tetapi seperti diketahui gagal total karena situasi keuangan. (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

44 − thirty six =