Desak Juara di “Asian Games 19”, Lengkapi Predikat Juara Dunia dan Asia

Podium TakTik

Fokuskini – Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi berhasil meraih medali emas untuk nomor speed climbing putri pada Asian Games 2022 Hangzhou.

Desak, sang juara dunia yang juga juara bertahan di kawasan Asia berhasil mengalahkan wakil tuan rumah Tiongkok, Deng Li Juan, dan sekaligus mempertajam rekor.

Bertanding di SXK Sport Climbing Centre, Hangzhou, Tiongkok, Selasa tadi (3/10/2023) atlet panjat tebing asal Bali tersebut berhasil mengalahkan rival utamanya, Deng Li Juan dengan rekor waktu fantastis, 6,364 detik.

Catatan waktu Desak Made tersebut memecahkan rekor Asian Games yang ia catat atas namanya sendiri berturut-turut sepanjang laga hingga puncak final.

Dari babak perempat final sampai final perebutan juara kesatu, Desak Made memecahkan rekor tiga kali, di mana catatan waktunya terus membaik, dari sebelumnya 6,6 detik dan 6,5 detik.

Deng Li Juan yang didukung penuh publik tuan rumah harus puas dengan raihan medali perak setelah membukukan 6,435 detik.

“Saya sendiri sebelum kompetisi selalu meyakinkan diri bahwa sudah berlatih keras untuk menjadi yang terbaik, dan capaian ini seperti yang Desak mimpikan selain ke Olimpiade 2024 Paris. Jadi saya selalu berdoa (supaya) selalu bisa menjadi juara,” ungkap Desak menyampaikan keterangan usai pertandingan. (dari berbagai sumber)

foto: NOC Indonesia/M. Rifqy Priadiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ninety four − = ninety one