“IMA Awards 2023” Memotivasi Industri Perfilman RI dan Hadirkan Regenerasi

Galeri Seni Layar Info Muziek! Podium

Fokuskini –  Programming & Acquisition Director RCTI, Dini Putri antara lain menyebut soal pencapaian produksi film nasional yang justru melahirkan banyak dinamika baru dimana bukan jadi persoalan tentang kapan lesu dan naiknya peredaran tontonan layar lebar itu di bioskop tetapi kabar gembira karena sebagian pemainnya kini sudah jadi produser seperti aktor Baim Wong, dan Prilly Latuconsina sebagai dewan juri yang juga turut hadir saat berlangsung gelaran konferensi pers Indonesian Movie Actors Awards (IMA Awards) hari Jumat tadi (13/10/2023).

Kenapa terbilang menggembirakan, sambung Dini, ya karena dengan begitu lompatan karier mereka bisa membangkitkan kehendak orang jadi kepingin punya motivasi lebih baik yang memunculkan nama-nama baru, atau orang lama yang kembali berkarya.

Tetapi, diakuinya, yang susah adalah mencari pemain hebat dan penulis skenario, yang sebetulnya tidak sedikit namun nyaris semua disibukkan oleh kerja di produksi baru yang bertambah banyak ataupun yang wajib untuk segera ditayangkan.

Menyoal turunnya jumlah penonton film Indonesia di bioskop, Dini mengatakan, penyebabnya adalah perubahan zaman yang menjadikan orang bukan lagi untuk selalu bergegas menonton film-film lokal favoritnya di bioskop. 

Lebih lagi, tambahnya, pada saat bersamaan di bioskop tengah hadir peredaran film world wide box- office.

“Jadi belum tentu mereka tidak menonton, karena berbagai platform streaming menyediakan tanpa batas segala genre film nasional dan serial apa saja yang disukai dan bahkan yang masih booming,” ungkap Dini.

Marcella Zalianty sebagai dewan juri “IMA Awards 2023”, membenarkan jumlah produksi film nasional tidak berkurang bahkan tahun ini menjadi lebih banyak sejak melewati masa darurat pandemi Covid-19, yang menjanjikan hadirnya pertambahan regenerasi aktor pemeran.

Paling susah memang, menurut sutradara Guntur Soeharjanto yang juga jadi dewan juri, mencari pemain yang beneran baru, fresh. Dengan adanya IMA Awards, diharapkannya, aktor-aktor Indonesia akan lebih terpacu apalagi dengan bertambahnya jumlah produksi film (63 karya) mampu menghadirkan aktor-aktor baru yang layak tampil demi pertumbuhan film nasional, dan lebih bisa lagi membuat sutradara bereksplorasi

Panggung penghargaan tertinggi dan bergengsi bagi para insan perfilman Tanah Air, “IMA Awards 2023” bakal hadir dan disiarkan secara langsung oleh Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) dari Studio RCTI+ pada 31 Oktober 2023. 

Head of Production Operation RCTI, Tiurma Imelda Sinaga menjanjikan pentas pelaksanaan puncak penghargaan “IMA Awards 2023” dengan penyajian performa musik beragam soundtrack film yang masuk daftar nominasi, namun belum bisa mengatakan siapa pemusik dan penyanyi yang bakal menyokong kemeriahannya setelah penyelenggaraan “TikTok Awards Indonesia 2023” menampilkan DJ asal Norwegia, Alan Walker.

Tahun ini merupakan gelaran “IMA Awards” yang ke-17 kalinya sejak diadakan pertama kali tahun 2007.

“IMA Awards” merupakan bentuk apresiasi kepada aktor, aktris serta film terfavorit pilihan seluruh masyarakat Indonesia. 

Dengan demikian, maka nama-nama aktor dan aktris serta film produksi Indonesia yang terpilih sebagai nominasi, merupakan favorit masyarakat.

Indonesian Movie Actors Awards adalah program penghargaan yang menjadi salah satu andalan RCTI. Hadirnya IMA Awards setiap tahunnya di RCTI, merupakan bentuk dukungan terhadap kreativitas serta kinerja para pelaku industri film atas karya yang telah dibuat. Harapan kami dengan hadirnya IMA Awards dapat memotivasi para insan industri perfilman Tanah Air untuk terus konsisten menghadirkan karya-karya terbaik bagi masyarakat,” kata Dini Putri dalam keterangan tertulis..

Seluruh nominasi yang masuk dalam IMA Awards 2023 telah ditentukan berdasarkan seleksi oleh para dewan juri. Dimana pada IMA Awards 2023 terdapat lima orang juri yang sangat berpengalaman di industri film.

Lima juri tersebut adalah Robert Ronny (Produser, Ketua Dewan Juri), Prilly Latuconsina (Aktris, Produser), Guntur Soeharjanto (Sutradara), Bene Dion (Penulis, Sutradara) dan Marcella Zalianty (Aktris, Produser).

Dewan juri “IMA Awards 2023” telah bekerja keras dan melakukan tugas dengan sangat teliti dalam menentukan para nominasi dari masing-masing kategori yang ada dengan memperhatikan seluruh aspek penilaian. Oleh karena itu, para nominasi yang terpilih di “IMA Awards 2023” adalah nama-nama figur serta karya-karya terbaik serta terfavorit dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

“IMA Awards” tahun ini menghadirkan 8 Kategori Terbaik yang pemenangnya terpilih berdasarkan penilaian dewan juri, serta 7 Kategori Terfavorit yang pemenangnya ditentukan berdasarkan pilihan masyarakat melalui voting di aplikasi RCTI+ dan media sosial IMA Awards yang mulai dibuka sejak 13 Oktober 2023 hingga 30 Oktober 2023 (pukul 23.59 WIB).

Sistem voting “IMA Awards 2023” menggunakan aplikasi RCTI+ dan juga sosial media Instagram @imaawards. Untuk melakukan voting, registrasi menggunakan email atau nomer handphone.

Menggunakan sistem 1 akun dapat melakukan 3 kali tiap kategori setiap harinya (dapat melakukan vote kembali keesokan harinya). Pihak penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasi vote atau menunda vote jika terjadi kecurangan, serta berhak mengubah, membatalkan atau menangguhkan acara ini kapan saja. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

32 − twenty eight =