Inggris Berikan Sejumlah Dana Dukungan untuk Akar Rumput Musik

Galeri Seni Muziek! Podium

Fokuskini – Pemerintah Inggris telah mengumumkan jumlah dana dukungan sebesar GBP5 juta untuk didistribusikan ke berbagai zona akar rumput musik, studio rekaman, festival, promotor, klub, dan banyak lagi.

Hibah hingga GBP40,000 akan diberikan di seluruh industri musik oleh Dewan Kesenian Inggris (ACE) sesuai dengan ujaran sekretaris kebudayaan Lucy Frazer, yang mendorong kalangan pemohon untuk menggunakan dana tersebut guna menciptakan aliran pendapatan dan mengembangkan dan meningkatkan fasilitas.

“Investasi yang dilakukan oleh Pemerintah Inggris dan Dewan Kesenian Inggris ini menegaskan kembali komitmen kami untuk mendukung bagian yang sangat penting dari industri musik ini,” kata CEO ACE, Darren Henley.

“Masyarakat menghargai kesempatan untuk mengembangkan dan mengekspresikan kreativitas mereka, dan sektorakar rumput musik unggulan dalam memungkinkan komunitas merancang dan mengembangkan aktivitas kreatif dan budaya di tempat hunian mereka.”

Skema ini didistribusikan oleh The National Lottery Project Grants sebagai bagian dari dorongan GBP8,5 juta untuk industri musik, yang diumumkan awal musim panas ini dalam Visi Sektor Industri Kreatif Pemerintah Inggris.

Dewan Keenian Inggris pertama kali meluncurkan dana dukungan pada kalangan akar rumput pada tahun 2019, mendistribusikan lebih dari GBP9 juta ke 450 proyek musik selama bertahun-tahun.

Para pemohon sekarang ini sudah dapat mengajukan permohonan hibah hingga GBP40,000 hingga Maret 2025. Mereka yang ingin mengajukan permohonan juga harus menjadi bagian dari organisasi, bukan dari band individu, artis, DJ, dan sebagainya.

Meskipun ada gerakan untuk mendukung musik akar rumput di Inggris, perlu dicatat bahwa dukungan penuh dari Dewan Kesenian Inggris untuk tahun 2024 berjumlah GBP458,5 juta — namun terbilang angka ini masih kurang dari 0,05% dari seluruh pengeluaran dana dari pihak pemerintah.

Sutradara teater dan penulis, Nicholas Hytner menuliskan panjang lebar tentang pendanaan kesenian di Inggris di The Guardian awal tahun ini, dengan keterangan yang menjelaskan, “Bahkan (bila pemerintah Inggris berniat) menggandakannya tidak akan mengurangi keuangan nasional.”

“Tetapi peningkatan yang signifikan akan membawa perubahan yang tidak sebanding dengan jumlah yang terlibat; kepercayaan diri dan produktivitas seniman, jumlah dan antusiasme penonton, kesejahteraan masyarakat, di pusat kota dan reputasi internasional kita,” Hytner menambahkan. (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighty nine − eighty eight =