Timnas Qatar Juga Dinilai Gagal Ditangani Carlos Queiroz

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Tuan rumah penyelenggara Piala Asia AFC dan juara bertahan Qatar memutuskan untuk memecat pelatih kepala tim nasional, Carlos Queiroz kurang dari setahun masa jabatannya, dan enam minggu menjelang pelaksanaan “Piala Asia 2023.”

Pelatih asal Portugal dengan rekam jejak prospektif dan Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) telah sepakat berpisah berdasarkan pemahaman bersama, demikian bunyi pernyataan resmi QFA, kemarin.

“Asosiasi Sepak Bola Qatar telah mengumumkan bahwa masa jabatan Carlos Queiroz sebagai pelatih kepala tim nasional Qatar telah berakhir damai berdasarkan kesepakatan bersama di antara kedua pihak.”

“QFA mengucapkan terima kasih dengan tulus kepada pelatih Queiroz atas dedikasi, kepemimpinan, dan kontribusinya yang tidak tergoyahkan selama masa jabatannya sebagai pelatih kepala timnas..”

QFA telah langsung menunjuk Marquez Lopez sebagai suksesor Queiroz, dan bakal memimpin timnas Qatar pada Piala Asia 2023 di Qatar tahun depan.

Qatar merekrut Queiroz pada bulan Februari lalu sebagai pengganti Felix Sanchez, yang memimpin timnas Qatar meraih titel kampiun perdananya di Piala Asia di UEA pada tahun 2019, namun bertanggung jawab atas hasil akhir babak penyisihan grup di kandang sendiri pada Piala Dunia FIFA tahun lalu.

Mantan pelatih timnas Iran, Kolombia dan Portugal berusia 70 tahun yang sarat muatan pengalaman itu sesungguhnya sempat mengantongi kesepakatan kontrak berdurasi empat tahun, dan diembani tugas memastikan Qatar lolos ke Piala Dunia 2026.

Namun, ia dipecat setelah memimpin Qatar dalam 11 pertandingan, termasuk empat kemenangan, empat kekalahan, dan tiga kali imbang dalam kurun waktu 10 bulan. Dua kemenangan tersebut terjadi di kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Afghanistan (8-1) dan India (3-0).

Kepergian Quieroz terjadi enam minggu menjelang upaya Qatar mempertahankan gelar di Piala Asia 2023, yang dimulai pada 12 Januari tahun depan dimana tuan rumah berawal menghadapi Lebanon di Stadion Lusail, lokasi yang digunakan pada puncak final Piala Dunia 2022.

Qatar dan Lebanon ditempatkan di Grup A bersama Tajikistan dan Tiongkok di Piala Asia, yang berlangsung dari 12 Januari hingga 10 Februari 2024. (aljazeera/yay)

foto: Reuters

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 78 = eighty two