Aston Villa Dikilapkan Unai Emery Ke Liga Champions

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Aston Villa berhasil lolos ke arena Liga Champions setelah kekalahan Tottenham di kandangnya melawan Manchester City pada Rabu tadi WIB (15/5/2024).

Hasil positif tersebut menegaskan Villa bakal finis keempat di klaseman liga utama Inggris, dan menempati posisi yang ikutan membawa gengsi klub sepakbola Inggris.

Menurut catatan The Guardian, Villa terakhir kali bermain di turnamen tersebut yang kemudian dikenal sebagai Piala Eropa pada musim 1982-83, ketika mereka disingkirkan oleh Juventus di perempat final.

Pasukan yang dipimpin Unai Emery terbilang jarang keluar dari zona empat besar Peremier League sejak akhir November, dan meskipun performa mereka menurun selama beberapa pekan terakhir yang menyebabkan tersingkir dari arena Conference League Europa, serta merasakan dua kali seri dan satu kekalahan dari tiga pertandingan liga beberapa waktu lalu.

Mereka akan melaju ke pertandingan hari Minggu (19/5/2024) lewat pertandingan terakhir di kandang Crystal Palace, dengan keyakinan pasti bahwa mereka tidak dapat disusul oleh Spurs yang berada di posisi kelima.

Kualifikasi ke Liga Champions Eropa menggarisbawahi efek transformatif yang dimiliki Emery sejak ia mulai bekerja sebagai penerus Steven Gerrard pada November 2022.

Villa saat itu berada dalam situasi bahaya degradasi tetapi manajer membawa mereka ke posisi ketujuh dan bahkan lebih baik lagi di musim keduanya.

Villa baru-baru ini menatap kemungkinan kekalahan kandang dari Liverpool FC, sampai dua gol telat Jhon Durán mengamankan hasil imbang 3-3.

Performa kandang yang kuat mendukung kesuksesan Villa, menghasilkan 40 dari 68 poin mereka, meskipun Villa juga memiliki rekor tandang terbaik keempat di divisi liga utama.

Liga Champions Eropa diputuskan UEFA bertambah dari 32 menjadi 36 tim kontestan pada musim depan, dengan hasil dari delapan putaran pertandingan di fase liga kasta teringgi di negara masing-masing.

Masing-masing klub nantinya akan menghadapi delapan lawan, empat di kandang dan empat tandang yang membentuk sebuah tabel.

Dari sana, delapan tim kontestan teratas akan lolos ke babak 16 besar, dan 16 lainnya akan bermain untuk melengkapi lineup sistem gugur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

forty − = thirty five