Tom Morello Penerima “Woody Guthrie Award” Tahun Ini

Galeri Seni Muziek! Podium

Fokuskini – Tom Morello, gitaris pendiri kelompok musik Rage Against the Machine, telah diumumkan sebagai penerima Woody Guthrie Award tahun ini.

Penghargaan Woody Guthrie diambil dari nama mendiang musisi legendaris, yang dianggap sebagai salah satu penyanyi dan penulis lagu terkemuka dalam musik foklor Amerika.

Guthrie dikenal karena menggambarkan pandangan sosialis dan anti-fasisnya yang kuat dalam penulisan lagu-lagunya.

Penghargaan ini bertujuan untuk mewujudkan spirit Gurthie. Morello bergabung dengan penerima penghargaan sebelumnya seperti Bruce Springsteen, Pussy Riot, Kris Kristofferson, Joan Baez, Mavis Staples dan Pete Seeger.

Woody Guthrie Centre selaku penyelenggara mengatakan dalam sebuah pernyataan resminya bahwa “Penghargaan bergengsi ini mengakui kontribusi luar biasa Morello terhadap musik dan aktivisme, yang mewujudkan semangat kesadaran sosial dan warisan musik Woody Guthrie.”

Morello dan Rage Against the Machine terkenal dengan lirik politik sayap kiri mereka, yang sering kali berisi slogan-slogan yang menentang korporasi Amerika.

Gitaris tersebut menggambarkan dirinya sebagai seorang sosialis non-sektarian dan memuji ibunya karena membentuk pandangan politiknya yang berhaluan kiri.

“Woody Guthrie adalah seorang agitator yang tidak kenal takut, seorang penyampai kebenaran yang puitis dan seorang penggagas yang harmonis,” kata Morello dalam sebuah pernyataan, dikutip Hot Press.

“Dia adalah punk rocker asli yang kehidupan, musik, seni, dan liriknya merupakan mercusuar keadilan dan pembebasan bagi mereka yang tertindas.”

“Dalam karya saya, Woody telah menjadi inspirasi untuk menceritakannya seperti yang saya lihat tanpa kompromi atau permintaan maaf dan di mana pun orang-orang mengambil sikap,” lanjut sebagian pernyataannya itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ thirty three = forty two