Mikel Merino Gembira dan Lega Sudah Bisa Bermain Bela Arsenal

Layar Info Podium TakTik

Fokuskini – Mikel Merino dalam keterangannya mengatakan bahwa ia melihat sepakbola dengan cara berbeda, setelah sekitar satu bulan pertamanya di bawah pelatih Mikel Arteta di Arsenal.

Pemain lapangan tengah tim nasional Spanyol itu melakukan debut di menit ke-64 dalam kemenangan kandang 2-0 Liga Champions atas Paris Saint-Germain pada hari Rabu tadi (2/10/2024) setelah pulih dari patah tulang belikat yang dideritanya dalam sesi latihan pertama.

Itu merupakan masa yang membuat frustrasi bagi Merino, yang direkrut dari Real Sociedad seharga EUR40 juta pada akhir Agustus, dan ada kegembiraan dan kelegaan baginya ketika ia masuk sebagai pemain pengganti.

Merino terpesona dengan sistem kepelatihan Arteta meskipun ia menghabiskan sebagian besar waktunya di luar sesi latihan. Cedera yang dialaminya mungkin memberinya perspektif yang berbeda.

“Itu sesuatu yang luar biasa,” sanjungnya.

“Mereka (di Arsenal) melakukan beberapa hal yang belum pernah saya lihat dalam karier saya. Metode yang mereka gunakan benar-benar baru bagi saya, jadi butuh waktu untuk beradaptasi. Namun, pada saat yang sama, saat Anda mengalaminya, Anda berada di level yang berbeda karena mereka menantang Anda setiap hari – tidak hanya secara fisik tetapi juga mental. Itu membuat Anda menjadi tajam secara mental dan itulah yang akan Anda temukan dalam permainan,” paparnya.

“Saya tidak ingin menceritakan semua yang kami lakukan, tetapi tidak ada jeda antara satu momen dan momen lainnya. Mereka selalu menantang Anda secara mental dengan berbagai rangsangan. Itu membuat Anda selalu menyadari apa yang terjadi di sekitar Anda,” sambung Merino.

Merino tiba di Arsenal sebagai bagian dari pemain juara Euro 2024; momen besarnya adalah sundulan kemenangan pada menit ke-119 melawan Jerman di perempat final. Namun, ia tiba-tiba terhenti di tengah jalan setelah bertabrakan dengan Gabriel Magalhães di sesi latihan. Menurut Arteta, Merino jatuh ke tanah dan Gabriel jatuh di atasnya.

“Itu adalah momen yang sangat tidak beruntung,” kenang Merino.

“Saya belum pernah melihat cedera seperti ini. Itu bukan waktu yang tepat, tetapi saya ingin melihat sisi positifnya. Ini memberi saya banyak waktu untuk berpikir, mengenal rekan satu tim, mengenal staf, mengembangkan diri – hal-hal yang perlu saya lakukan dalam hal taktik, dalam hal fisik, dan saya pikir saya adalah pemain yang jauh lebih baik sekarang daripada empat minggu lalu,” ujarnya.

“Itu benar-benar sulit secara mental. Untuk datang ke sini, Anda ingin memiliki beberapa hari yang menyenangkan untuk menunjukkan kepada semua orang apa yang Anda mampu, untuk menunjukkan mengapa mereka menaruh kepercayaan kepada Anda dan kemudian hal pertama yang terjadi adalah Anda patah tulang belikat. Tetapi semua orang di klub sangat baik kepada saya, sangat ramah, dan akhirnya saya dapat mengatakan bahwa saya secara resmi adalah pemain Arsenal sekarang. Saya telah melakukan debut dan saya bersemangat,” lanjutnya, bangga.

Bahasa Inggris Merino sangat bagus, warisan dari sebagian musimnya di Newcastle pada 2017-18. Itu tidak berjalan sesuai keinginannya, waktu bermainnya terbatas, tetapi itu membantu mengasah naluri bertarung yang menjadi bagian dari daya tarik Arsenal.

Merino memiliki bakat, seperti yang sering dikatakan orang-orang sepakbola, dan dengan tinggi 193 cm, ia mengesankan. “Saya menjadi diri saya saat ini karena (pernah bertarung) di Premier League (bersama Newcastle) membuat saya lebih tangguh, lebih kuat, mengajari saya untuk menerima pukulan,” katanya kepada Guardian pada tahun 2021.

Akan menarik untuk melihat bagaimana Arteta selanjutnya menggunakan Merino,

Dengan absennya Martin Ødegaard yang cedera, Arteta telah menyiapkan dua gelandang tengah di belakang sepasang penyerang tengah yang lincah – Kai Havertz dan Leandro Trossard. Formasi ini telah menjadi formasi kotak. Bisa jadi Merino dan Rice dapat bekerjasama, bergantian menahan atau menekan lawan.

“Saya ingin berkembang, saya ingin belajar lebih banyak lagi,” diakui Merino.

“Ketika saya berbicara dengan Mikel dan saya melihat apa rencananya … tidak hanya dengan saya tetapi seluruh tim, seperti apa budayanya … saya merasa ini adalah tempat yang tepat untuk mengambil langkah selanjutnya dalam karier saya,” ungkapnya.

“Mentalitas yang mereka miliki di sini luar biasa, tidak hanya di lapangan tetapi juga di tempat latihan – bagaimana mereka fokus pada hal-hal tunggal, detail, dasar-dasar. Memenangkan trofi adalah hal utama bagi semua orang. Mereka terobsesi dengan itu,” puji Merino lagi. (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

84 − = seventy nine